Beberapa Tempat Wisata Andalan Kota Solo yang Bisa Anda Kunjungi

Solo merupakan salah satu kota di Jawa Tengah, yang dikenal secara luas oleh masyarakat Indonesia sebagai kota Batik. Meskipun memiliki sistem pemerintahan yang dipimpin oleh seorang Wali kota, namun kota ini tetaplah menghargai peranan kasultanan yang memang memimpin Keraton didalam Kota tersebut. Oleh karena itulah selain dikenal sebagai sebuah kota yang tertib, Solo juga memiliki berbagai adat dan kebudayaan yang diwariskan dari Keraton Solo, dan masih terus terjaga hingga saat ini. Bahkan berbagai budaya kerjaan yang dimiliki oleh Kota Solo mampu menarik minat para wisatawan domestik ataupun lokal, untuk menyaksikan berbagai budaya baik upacara ataupun budaya lainnya, yang sedang diselenggarakan di kota Batik tersebut.

Selain memiliki daya tarik wisata yang berupa budaya, kota Solo pun memiliki berbagai tujuan wisata yang menarik dan sayang untuk Anda lewatkan, jika Anda sedang berkunjung di kota Batik ini. Oleh-oleh dan kerajinan tradisional dari kota ini pun akan memanjakan Anda ketika berwisata ditempat yang satu ini. Anda penasaran dengan berbagai tempat wisata di kota Solo tersebut? berikut bahasan mengenai berbagai tempat wisata yang dapat Anda kunjungi selagi Anda berada dikota Solo.

  • Kawasan Keraton Solo dan Alun-alun

Kawasan yang satu ini memang dikenal sebagai pusat kota, tidak hanya menyajikan wisata budaya dengan mengunjungi keraton Kasunan Solo saja. Namun pada tempat wisata ini Anda akan dapat melakukan wisata belanja, karena pada kawasan alun-alun ini terdapat pasar sementara hasil relokasi dari Pasar Klewer yang sedang dibangun karena mengalami kebakaran. Selain itu berbagai pusat pembelanjaan modern pun terdapat dikawasan ini, dimana pada pusat pembelanjaan modern ini, Anda dapat berbelanja dengan nyaman karena harga yang ditawarkan merupakan harga grosir. Saat malam hari kawasan inipun berubah menjadi pusat kuliner, yang menawarkan banyak makanan khas asli kota Solo.

  • Sondokoro

Meskipun termasuk dalam kawasan Karang anyar, namun tempat wisata ini dikenal oleh masyarakat luas sebagai salah satu daya tarik wisata yang wajib dikunjungi ketika berada di kota Solo. Sondokoro pada awalnya merupakan perusahaan gula milik PT.Nusantara IX, yang dibangun pada masa pemerintahan Mangkunegoro VI. Pada tahun 2005, kawasan ini dibangun menjadi sebuah agrowisata menarik yang terus berkembang hingga saat ini. Berbagai permainan interaktif dapat Anda temukan dikawasan wisata yang satu ini.

  • Omah Kelinci

Kawasan wisata edukasi yang berada di jalur Solo – Karang Anyar ini, selain menawarkan berbagai masakan khas yang diolah dengan menggunakan bahan utama daging kelinci, tempat wisata dan makan ini juga menawarkan daya tarik yang unik bagi para pengunjungnya, dimana sebuah taman khusus dapat digunakan olah para pengunjung untuk berinteraksi dan memberi makan secara langsung dengan hewan lucu kelinci.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *