Danau Tiberias Mengering, Apakah Menjadi Penanda Datangnya Hari Kiamat?

Danau merupakan cekungan yang ada di daratan dan terisi oleh air, danau ini berbeda dibandingkan dengan sungai yang mengalir, karena pada umumnya danau tenang dan merupakan muara untuk sungai, beberapa diantaranya juga termasuk danau mati, dimana hanya bisa penuh ketika musim penghujan atau terisi dengan air. Salah satu danau yang cukup terkenal di dunia diantaranya adalah Danau Tiberias. Sebuah danau yang berada di kawasan Israel. Danau ini dikenal sebagai danau air tawar terendah di dunia dan juga danau setelah laut mati.

 

Selain dikenal sebagai danau untuk kunjungan wisata, maka danau yang satu ini agaknya juga dikenal menanggung kehidupan ratusan masyarakat yang tinggal di sekitarnya, karena kebanyakan diantara penduduk di sekitar danau tersebut memanfaatkannya sebagai mata pencaharian mereka. Setiap tahunnya setidaknya Tiberias ini selalu dikunjungi oleh lebih dari ribuan turis asing yang ingin melancong kesana. Wisata yang ditawarkan juga cukup bervariasi, diantaranya adalah mengarungi danau menggunakan perahu bermotor ataupun wisata kuliner dengan menyantap ikan olahan yang berasal dari danau tersebut. Cukup banyak yang mengidentikkan danau tersebut sebagai tempat awal munculnya Dajjal, khususnya bagi umat muslim sendiri.

 

Kondisi Tiberias yang mengering

 

Meskipun dikenal sebagai danau air tawar terendah nomor dua yang ada di dunia, namun ada hal aneh yang terjadi beberapa tahun ini, diantaranya adalah fakta bahwa air dari danau tersebut sudah mulai mengering. Keberadaan curah hujan yang semakin turun dari tahun ke tahun kenyataannya memang berdampak pada kondisi air danau yang kian lama kian menipis, hal ini tentunya juga berdampak kepada kehidupan masyarakat yang ada di sekitarnya, mengingat cukup banyak penduduk yang bergantung pada air danau tersebut.

 

Bahkan jika dilihat sepanjang 6 tahun belakangan, maka garis antara daratan dan juga tempat air danau sudah banyak yang mulai menghilang, tergantikan menjadi tanah yang kering. Bahkan di sepanjang kawasan tersebut mulai dibangun beberapa bangunan baru, sehingga jika dilihat semakin lama garis air menjadi hilang dan danau kian menyempit. Meskipun begitu hingga saat ini danau tersebut masih banyak dikunjungi oleh wisatawan, meskipun sudah tak seramai tahun-tahun sebelumnya. Kondisi ini juga dilihat dari perubahan bentuk danau sendiri.

 

Danau Tiberias ini menjadi salah satu danau yang juga masuk dalam kitab agama Islam hingga Kristen, dicantumkan di dalamnya bahwa nantinya Dajjal akan keluar dari wilayah tersebut. Semakin kesini jika melihat danau terdalam di dunia tersebut yang mulai mengering, maka sudah banyak yang mengidektikkannya sebagai tanda-tanda akan datangnya hari kiamat. Mengingat salah satu tanda dari datangnya kiamat sendiri adalah kemunculan pembawa fitnah yaitu Dajjal ke bumi.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *