Ini Dia Kawah Terindah yang Ada di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Indonesia terkenal memiliki keindahan alam yang bervariasi, tidak hanya di lautan namun juga di daratan. Salah satunya adalah kawah. Kawah gunung berapi atau yang disebut dengan kepundan ini merupakan depresi melingkar yang ada di permukaan tanah yang disebabkan karena aktivitas vulkanik dari gunung tersebut. Kawah atau kepundan tersebut memiliki bentuk yang cekung yang berbentuk lingkaran dan di Indonesia, terdapat kawah yang terindah yang tidak ada di tempat lain. Berikut adalah wisata alam kawah yang wajib dikunjungi :

Pertama adalah kawah Ijen, Jawa Timur. Ada yang unik di Kawah Ijen yang berada di Gunung Ijen di Taman Nasional Alas Purwo, Jawa Timur ini yaitu adanya warna hijau kebiruan yang dihiasi dengan kabut dan asap belerang. Kawah ini dikelilingi bebatuan yang kokoh dan menjadi tempat pencaharian para pencari belerang. Kawah ini juga terkenal akan blue fire yang merupakan semburan api biru dari kawah Ijen. Fenomena yang hanya ada 2 di dunia yaitu di Gunung Ijen dan Islandia ini terlihat seperti api yang berwarna biru dan akan terlihat saat dini hari menjelang fajar dengan waktu terbaik untuk melihat yaitu jam 02.00-03.00 WIB.

Kedua adalah Kawah Putih Tinggi Raja, Desa Dolok Tinggi Raja, Silau Kahean, Simalungun, Sumatra Utara. Di tempat ini Anda bisa mendapati air yang begitu biru dan juga dikelilingi dengan adanya bebatuan yang seputih salju. Untuk mencapai tempat yang tersembunyi di tengah hutan yang lebat ini Anda harus menempuh jarak 3-4 jam dari pusat Medan. Jika ingin berkunjung, pastikan membawa makanan sendiri karena minim orang yang berjualan di tempat ini.

Ketiga adalah Kawah Kelimutu, NTT. Kawah yang dikenal juga dengan Danau Kelimutu ini memiliki 3 buah warna yang berada di masing-masing kawah di atas Gunung Kelimutu. 3 warna tersebut adalah hijau muda, biru dan hitam dan masing-masing diantaranya dipercaya oleh masyarakat sekitar jika kawah tersebut adalah arwah dari orang yang sudah meninggal. Selain menjadi tempat untuk melihat danau 3 warna tersebut, di tempat ini juga dipilih sebagai tempat untuk menyaksikan matahari terbit atau sunrise.

2 kawah yang terindah di Indonesia lainnya adalah:

  • Kawah Putih, Jawa Barat. Kawah yang berada di Gunung Patuha, Ciwidey, Bandung ini dikenal juga dengan kawah Ciwidey. Sesuai dengan namanya, kawah ini memiliki tanah putih dari belerang dan akan terlihat bertambah putih karena udara dingin yang khas dari Pegunungan Bandung. Air di tempat ini memiliki warna kehijauan yang kontras dengan warna tanah dan akan berubah tergantung dari cahaya matahari yang menyinarinya.
  • Kawah Domas Tangkuban Perahu, Jawa Barat. Di tempat ini Anda akan mendapati dominasi batuan gunung yang berwarna putih dan di tempat tertentu misalnya di rongga kawah akan terlihat warna kuning yang berasal dari belerang.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *