Mau Liburan Bersama Teman? Simak Dulu 4 Tips Ini Supaya Liburan Anda Lebih Menyenangkan!

Berlibur bisa dilakukan sendiri atau mengajak teman maupun mengajak seluruh anggota keluarga, terlebih bagi yang sudah menikah dan memiliki anak. Namun tetap saja ada kalanya untuk destinasi tertentu lebih ideal mengajak teman ketimbang berlibur bersama pasangan dan si kecil. Berlibur dengan teman dekat memang terdengar ide brilian dan menyenangkan, namun tunggu dulu! Apakah memang akan sangat menyenangkan ketimbang berlibur sendiri? Faktanya ternyata tidak selalu demikian ada kalanya malah muncul keinginan untuk ‘mencekik’ teman liburan Anda.

Supaya beragam masalah selama perjalanan tidak terjadi maka saat berlibur dengan teman usahakan untuk menyimak tips berikut dengan seksama:

  • Mengajak teman yang benar-benar tepat,

Anda boleh memiliki rencana berlibur bersama teman namun usahakan jangan sembarangan teman, pastikan memiliki anggaran dan gaya berlibur yang sama. Sehingga Anda tidak perlu keluar banyak tenaga melayani perdebatan memilih destinasi liburan, menentukan apakah memakai kereta atau pesawat, memilih menginap di hotel atau hostel, dan lain sebagainya. Intinya dengan teman yang karakternya cocok dan sama dijamin kualitas liburan semakin terasa.

  • Saling bertanggung jawab dalam pembagian tugas,

Mengajak teman menjelajahi tempat baru memang akan memberikan pengalaman lebih seru dan menariknya efektif menghemat uang perjalanan. Misalnya untuk booking tempat menginap, kalau berkelompok otomatis akan dibagi rata bebannya sehingga dana perjalanan semakin irit. Namun karena mengajak orang dengan sifat berbeda usahakan sejak awal saling membagi tugas supaya tidak terjadi perselisihan. Pembagian tugasnya pun harus adil, jangan sampai malah ada yang merasa ditindas dan ada yang menang sendiri.

  • Menyiapkan keuangan pribadi dan juga kelompok,

Soal keuangan pun baiknya dikelola dengan benar sebab nantinya akan muncul dana perjalanan pribadi dan dana kelompok. Dana kelompok ini adalah dana yang dipakai untuk kepentingan bersama, misalnya masalah tiket perjalanan dan hotel. Anda tidak mungkin melimpahkan beban biaya menginap ke teman begitu pula sebaliknya namun ditanggung bersama. Ajak dan mintalah teman yang cenderung teliti mencatat untuk mengatur anggaran liburan bersama tersebut. Kemudian Anda pun wajib menyiapkan dana pribadi sebab bisa jadi ada kebutuhan personal selama liburan.

  • Tidak masalah jika beda selera,

Berbeda pendapat tentu hal yang lumrah, Anda saja dengan saudara kandung yang muncul dari rahim sama bisa berbeda seleranya apalagi orang lain. Maka usahakan untuk tidak menjadikan perdebatan ketika selera masing-masing cenderung berbeda. Misalnya urusan makan, kalau Anda lebih suka ayam lalu teman lainnya suka daging sapi panggang, bahkan makanan cepat saji. Apakah ada yang mengalah? Dibanding berdebat dan beberapa teman kehilangan selera makan baiknya berpencar saja mencari makanan sesuai selera.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *