Rasakan Sensasi Berbeda Bermain Arung Jeram di Musim Penghujan

Belum ada tujuan untuk menghabiskan libur panjang di akhir tahun, apalagi kali ini bertepatan dengan liburan anak sekolah. Berikan sebuah pengalaman baru untuk buah hati dengan mencoba sebuah tantangan langsung dari alam, ajak semua orang rumah untuk menikmati setiap sensasi seru bermain arum jeram. Ini adalah permainan air yang memacu adrenalin, biasanya akan dipilih sungai lebar dengan debit air cukup deras, memasuki musim hujan kali ini waktu yang paling tepat untuk menerjang jeram di setiap sungai.

Bermain arum jeram membutuhkan 6 orang dengan satu pemandu, anak-anak usia di atas 15 tahun boleh ikut serta, asalkan berani dan tidak takut air. Tidak semua tempat bisa digunakan bermain arum jeram, beberapa tempat seperti Magelang, Jogja dan Purwokerto terdapat sungai yang cukup deras debit airnya dan tekstur bebatuan yang cukup ramah. Sehingga tidak heran jika beberapa sungai disana menjadi tujuan utama permainan rafting, gunakan satu pemandu untuk mengendalikan jalannya kapal selama di perjalanan.

Hal pertama yang harus diperhatikan untuk permainan selama bermain rafting harus percaya satu sama lain, team yang solid bisa bekerja sama dengan baik dan saling menjaga meskipun baru saja kenal. Pastikan menggunakan alat pengaman untuk badan, kenapa juga kaki, karena bisa terjadi gesekan langsung dengan bebatuan di pinggiran sungai. Kenapa musim hujan jadi waktu yang tepat bermain air jeram, berikut ini beberapa keuntungan yang akan dirasakan:

  1. Bisa bermain tanpa menunggu debit air tinggi. Sudah ada 6 orang dan pemandu namun debit air cukup tenang, ini akan jadi permainan mendayung perahu karet bukan jadi arum jeram yang memacu adrenalin. Biasanya di musim kemarau hanya bisa bermain rafting di pagi hari, sedangkan di musim hujan bisa bermain kapan saja, namun untuk pemula tidak disarankan saat sedang hujan.
  2. Tidak perlu mendayung terlalu keras diperjalanan. Debit air yang tinggi membuat perahu karet berjalan dengan sendirinya, itulah kenapa perlu mendayung diperjalanan, hanya perlu menjaga keseimbangan kapal saja. Saat sampai di sebuah jeram, yaitu bebatuan dengan debit air cukup tinggi, sebaiknya gunakan dayung untuk mempertahankan kapal tidak terbalik.
  3. Permainan lebih seru saat kapal mulai terbalik. Pada bagian akhir permainan air, maka tidak akan seru tanpa basah. Pemandu akan sengaja membalikkan kapal di sungai dengan debit air tenang, jangan takut tenggelam dan tidak bisa berenang karena menggunakan pelampung yang akan membuat berada di atas air. Ini bagian paling seru yang menguji kerja sama team, bahkan bagaimana caranya untuk tetap bersama saat dalam keadaan terburuk.
  4. Tidak akan mudah menyangkut di karang bebatuan. Debit air yang tinggi akan memudahkan untuk berada di atas bebatuan, sehingga tidak aka menyangkut di karang atau bebatuan cukup tajam. Karena bisa terjadi robekan kecil di perahu karet dan ini cukup membahayakan jika baru memasuki setengah perjalanan.
  5. Waktu permainan lebih singkat. Permainan arum jeram biasanya berlangsung 3 hingga 4 jam, namun saat debit air sedang tinggi maka bisa selesai 2 jam saja, namun tidak mengurangi rasa senang dan keseruan bermain air yang bisa memacu adrenalin.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *