Simak Beberapa Kesalahan Finansial Berikut Ini yang Bisa Jadikan Liburan Anda Kacau

Aktivitas yang terus menerus memang kadang melelahkan hati sehingga menjadikan banyak orang stres. Jika demikian, maka sudah waktunya Anda pergi untuk liburan. Liburan menjadikan Anda bisa memiliki waktu pribadi. Meski tak lama, namun setidaknya bisa memberikan Anda kesegaran di otak. Liburan pun tak melulu harus di tempat mewah di luar negeri dengan modal banyak uang. Liburan bisa dilakukan dimana saja, yang jelas Anda bisa menikmati waktu istimewa. 

Namun terkadang dengan perencanaan yang kurang matang menjadikan keuangan selama liburan menjadi kacau sehingga akhirnya butuh banyak sekali uang yang dikeluarkan. Untuk itu, beberapa kesalahan dalam keuangan semasa liburan berikut ini sepatutnya Anda hindari:

  • Mengunjungi tempat wisata yang terkenal ketika musim liburan

Anda pasti sudah tahu apa jadinya jika kunjungi tempat wisata saat musim liburan tiba, apalagi tempat itu terkenal. Tentunya ramai mengantri sudah pasti dan tentunya harga tiket masuknya juga akan mahal. Memilih waktu seperti ini sangat tidak bijaksana sehingga jadikan Anda keluarkan uang lebih yang seharusnya bisa dihemat. Belum lagi kebutuhan untuk tiket pesawat, hotel sampai biaya rental yang juga ikut naik.

  • Layanan sarapan hotel

Menginap di hotel sudah jadi hal yang biasa ketika liburan. Layanan hotel yang lengkap kadang jadikan Anda ingin menikmatinya misalnya layanan sarapan. Anda wajib tahu jika tak semua hotel memberi gratis pada layanan ini sehingga harus dicari tahu lebih lanjut. Ada baiknya jika mencari restoran yang lokal atau pinggiran untuk kenyangkan perut di pagi hari dibanding makan membayar sarapan di hotel. Perbandingan harga makanan di hotel dan di luar akan sangat jauh sehingga Anda wajib pikirkan.

  • Tidak aturan saat gunakan kartu kredit

Tak bisa dipungkiri jika kartu kredit mampu memberikan banyak kegunaan yang memudahkan dalam bertransaksi. Meski demikian, ada baiknya jika Anda bisa lebih mempertimbangkan lagi dalam penggunaannya. Jangan apa-apa asal gesek saja karena hal ini bisa jadikan pengeluaran kian besar. Gunakan kartu kredit untuk hal penting tertentu misalnya tiket pesawat, inap hotel atau kondisi darurat.

  • Pemandu wisata

Liburan dengan memakai jasa pemandu wisata memang memudahkan sehingga Anda tak harus kesasar atau kebingungan. Namun pilihan ini bukanlah pilihan bijaksana karena Anda menambah pengeluaran jika menyewa pemandu wisata. Mereka banyak juga yang memberi harga ngasal kepada para turis. Kini sudah ada internet sehingga bisa dimanfaatkan sebagai pemandu Anda.

Itulah beberapa tips bagi Anda yang ingin bisa berhemat ketika liburan. Liburan memang waktu menyenangkan namun bukan berarti bisa sembarang keluarkan uang. Jadi pastikan untuk bisa tetap mengatur uang dengan baik selama perjalanan dilakukan sehingga tak boros.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *