Tips Aman Berwisata di Pegunungan atau Dataran Tinggi

Berwisata di pegunungan atau di dataran tinggi merupakan pilihan yang tepat untuk menyegarkan pikiran dan menghilangkan penat. Suasananya yang sejuk dan udara yang bersih bisa merefresh pikiran Anda untuk memberi semangat di kemudian hari. Namun untuk mendapatkan liburan yang menyenangkan, sebaiknya Anda tak melupakan berbagai perlengkapan yang harus dibawa serta hal-hal penting yang harus dilakukan agar wisata Anda aman. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan ketika berwisata di pegunungan:

  • Membawa pakaian hangat atau tebal.

Di lingkungan pegunungan dan dataran tinggi, memiliki suhu dingin yang bisa membuat tubuh Anda menggigil. Untuk menanggulanginya, sebaiknya Anda menyiapkan jaket hangat dengan bahan yang tebal untuk menjaga suhu badan Anda. Selain pakaian hangat, Anda juga bisa membeli selimut hangat untuk digunakan di bus ketika Anda menuju daerah wisata di lokasi pegunungan.

  • Membawa sepatu.

Gunakan sepatu untuk melakukan wisata di dataran tinggi. Sepatu bisa menghangatkan kaki Anda dengan menggunakan kaos kaki. Selain itu daerah pegunungan memiliki jalan yang terjal dan kasar sehingga bisa melindungi kaki Anda dari bebatuan.

  • Membawa obat alergi dan obat asma.

Udara dingin ternyata bisa menyebabkan alergi bagi sebagian orang. Ada kalanya orang yang memiliki alergi dingin belum mengetahui bahwa ia memiliki alergi karena jarang berada di udara dingin. Sebaiknya ketika bepergian ke pegunungan selalu menyediakan obat anti alergi atau obat asma karena alergi udara dingin bisa memberikan gejala berupa gatal dan gangguan pernafasan.

  • Membawa thermos.

Udara dingin membuat suhu tubuh cepat menurun akibat kedinginan. Untuk menghangatkannya sebaiknya Anda mengkonsumsi minuman hangat. Namun seringkali berwisata di pegunungan Anda akan banyak menghabiskan waktu di lapangan atau area dataran tinggi tersebut. sebaiknya membawa thermos untuk persediaan air panas dengan sebuah gelas dan bahan minuman sachet seperti kopi atau teh untuk membuat minuman panas.

  • Meregangkan otot sebelum melakukan pendakian.

Salah satu jenis kegiatan ketika berlibur di dataran tinggi dan pegunungan adalah hiking. Hiking merupakan kegiatan yang akan memakan tenaga Anda. Bagi yang belum terbiasa dengan kegiatan fisik, sebaiknya Anda melakukan pemanasan terlebih dahulu agar otot tidak kaku saat melakukan pendakian.

Masih banyak hal yang harus Anda persiapkan agar bisa berwisata di pegunungan dengan rasa yang nyaman dan aman. Sebaiknya Anda mengetahui dan mempelajari terlebih dahulu rute yang akan Anda lakukan agar bisa mempersiapkan semuanya sesuai dengan lokasi wisata yang akan Anda lakukan. Sebaiknya melakukan pendakian secara berkelompok agar bisa saling menjaga dan membantu satu sama lain. Selain itu jika Anda belum pernah pergi ke lokasi wisata yang nantinya dikunjungi maka ada baiknya untuk menyewa guide sehingga bisa menuntun Anda ke tujuan dengan aman.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *