Tips Memilih Wisata Air Terjun yang Indah

Wisata adalah kegiatan yang menyenangkan untuk menghilangkan penat karena aktivitas kerja sehari-hari. Saat musim liburan tiba, baik liburan sekolah maupun hari raya biasanya dimanfaatkan beberapa orang untuk melakukannya. Ada yang berwisata dengan teman-teman, keluarga, atau mungkin saudara. Banyak pilihan tempat wisata yang bisa dijadikan alternatif pilihan. Salah satunya adalah wisata ke air terjun. Air terjun merupakan fenomena alam yang menakjubkan dengan aliran air derasnya. Banyak wisata air terjun yang bisa kita temui di Indonesia. 

Wisata yang satu ini memang agak jarang dilakukan oleh banyak orang. Karena lokasi untuk mencapainya yang terkadang harus melewati bebatuan atau bahkan hutan. Padahal wisata yang satu ini merupakan pilihan yang menarik untuk wisata karena memberikan suasana yang segar. Selain bisa menikmati Segarnya air dari air terjun, juga kita akan disuguhkan dengan pemandangan hijau sekitar air terjun yang masih asri. Beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk melakukan wisata ke air terjun, diantaranya yaitu:

  • Lokasi air terjun.

Kita harus mengetahui terlebih dahulu lokasi yang dituju. Terkadang ada beberapa lokasi air terjun yang tidak memadai dari infrastrukturnya. Ada baiknya persiapkan peta sebagai pemandu agar sampai ke tempat tujuan tanpa harus tersasar terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan peta digital yang bisa didapatkan dari internet.

  • Menentukan waktu datang dan juga pulang.

Pagi hari bisa menjadi waktu yang baik untuk berwisata ke air terjun karena cuaca masih cerah dan udara sekitar masih sangat sejuk. Untuk pulang sebaiknya jangan terlalu sore karena jalanan masih belum rata dan penuh bebatuan. Pulang saat hari mulai gelap akan sangat minim dengan penerangan sehingga ada kemungkinan untuk jatuh dan terpeleset.

  • Pergunakan sandal atau sepatu anti selip.

Biasanya jalan menuju lokasi air terjun penuh dengan bebatuan yang licin karena ditumbuhi banyak lumut. Untuk itu pergunakan sandal atau sepatu anti selip untuk memudahkan perjalanan menuju lokasi. Bisa juga menggunakan sepatu yang tertutup untuk menghindari luka saat melewati medan yang berbatu-batu.

  • Berhati-hatilah dengan tumpahan air terjun.

Hal yang sering dilakukan kebanyakan orang saat bertemu wahana air adalah ingin segera bermain, termasuk saat berada di dekat wisata air terjun. Ada baiknya lebih berhati-hati saat berada dekat dengan air terjun terutama saat berada di bawah kucuran airnya langsung. Anda tidak tahu bukan, benda apa yang terbawa oleh aliran air terjun, bisa saja batu, potongan kayu atau benda keras lainnya yang tentu saja akan membahayakan keselamatan.

  • Persiapkan baju ganti dan pakaian yang hangat.

Wisata air terjun biasanya berada di daerah pegunungan yang memiliki suhu udara yang sangat dingin. Untuk itu persiapkan baju hangat jika tidak ingin kedinginan. Persiapkan juga baju ganti yang bisa dipergunakan setelah puas bermain dengan air.

  • Berhentilah bermain air saat turun hujan.

Aliran air terjun akan bertambah deras saat turun hujan sehingga akan menambah volume aliran air deras di sekitarnya. Untuk keselamatan lebih baik jangan bermain saat turun hujan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *