Tips Nyaman dan Menyenangkan Liburan ke Gili Trawangan Lombok

Kamu pasti pernah mendengar bukan tempat wisata yang satu ini?. Wisata yang terletak di pulau Lombok ini memang sangat terkenal tidak hanya untuk wisatawan lokal, melainkan hingga mancanegara. Dibandingkan dengan dua gili lainnya, yaitu Gili Meno dan Gili Air, Gili Trawangan memang yang paling sering dikunjungi dan sangat terkenal di Lombok. Air lautnya yang berwarna biru jernih serta pantai pasir putihnya yang lembut seakan menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan berlibur ke tempat ini.

Meskipun Gili Trawangan sudah lama terkenal, namun ternyata tidak semua orang yang memiliki informasi secara lengkap mengenai hal-hal yang berkaitan dengan obyek wisata favorit yang satu ini, mulai dari transportasi, akomodasi, hingga berbagai aktivitas yang bisa dilakukan. Untuk itu ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk berlibur ke Gili Trawangan, antara lain:

  • Transportasi menuju Gili Trawangan.

Untuk cara termahal sekaligus termudah menuju Gili Trawangan adalah dengan naik speedboat dari Bali. Keberangkatan dimulai dari Tanjung Benoa, Padang Bai, Sanur, atau Pulau Serangan. Jika Anda ingin dengan cara hemat, bisa lewat Pelabuhan Bangsal, Lombok. Dari Pelabuhan Bangsal bisa dilanjutkan perjalanan ke Gili Trawangan dengan menggunakan public boat dengan tarif Rp15.000,- per orangnya dengan lama perjalanan sekitar 30 menit. Biasanya untuk jadwalnya, kapal pertama berangkat pukul 08.00 WITA dan kapal terakhir pukul 17.00 WITA.

  • Penginapan di Gili Trawangan.

Di Gili Trawangan terdapat banyak pilihan penginapan, mulai dari homestay dengan tarif Rp100.000,- untuk per malamnya hingga sebuah resort dengan tarif jutaan rupiah. Sayangnya homestay disini tidak bisa dipesan secara online, sehingga saat tiba disana Anda harus segera bersiap-siap untuk mencari homestay yang Anda inginkan. Penginapan homestay di Gili Trawangan biasanya sering penuh terutama di long weekend ataupun high season. Jadi sekedar tips jika ingin liburan hemat di tempat yang satu ini, ada baiknya Anda memilih saat low season.

  • Aktivitas di Gili Trawangan.

Bagi yang menyukai diving maupun snorkeling, tempat ini akan memuaskan keinginan Anda yang satu ini. Bagi Anda yang tidak menyukai keduanya, tak perlu khawatir. Anda masih tetap bisa menikmati keindahan pantai dan laut Gili Trawangan dengan berjalan kaki, berkeliling dengan naik cimodo (semacam dokar atau delman), atau sekedar bersantai di pinggiran pantai menikmati ombak maupun sunrise ataupun sunset yang indah.

  • Kuliner dan fasilitas umum.

Kuliner di Gili Trawangan cukup beragam mulai dari warung makan kecil, kafe, hingga restoran. Untuk menemukan makanan yang relatif murah, warung makan kecil bisa menjadi pilihan yang bagus. Namun untuk menemukannya Anda harus masuk ke dalam gang-gang. Sementara untuk kafe maupun restoran hampir bisa Anda temui di sepanjang pinggiran pantai. Jika datang ke Gili Trwangan jangan lupa untuk menikmati salah satu kuliner andalannya, yaitu Ayam Taliwang dan Plecing Kangkung. Dijamin Anda akan ketagihan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *