Membersihkan membutuhkan banyak waktu dan tenaga dalam keseharian Anda, dan Anda sering kali melupakan tempat-tempat yang membutuhkan sedikit perhatian di sana-sini. Tetapi jika Anda mengikuti daftar ini, Anda pasti akan menemukan beberapa tempat yang kadang “terlupakan” saat Anda membersihkan rumah.

Layanan pembersihan akan memastikan area ini akan selalu dibersihkan dan didisinfeksi, jadi jika Anda tidak punya waktu untuk membersihkannya sendiri, Anda selalu dapat menyewa bantuan untuk membersihkan rumah dengan aman dan efektif.

Berikut sepuluh peralatan rumah tangga yang jarang dibersihkan :

1. Mesin Cuci
Jika bau pakaian Anda tidak sesegar dulu, sekarang saatnya membersihkan mesin cuci! Ini dapat dilakukan dalam satu siklus hanya dengan memasukkan sedikit cuka dan soda kue ke dalamnya untuk membantu menghilangkan penumpukan.

2. Tirai
Ini perlu diturunkan dan dibersihkan setiap bulan, dan tergantung pada fabirnya, beberapa bisa langsung masuk ke mesin cuci. Namun, pastikan untuk membaca label pada gorden Anda atau lihat petunjuk perawatan untuk jenis kain tersebut, untuk petunjuk pembersihan tertentu di sana. Jika tidak, gunakan penyedot debu untuk menyedot semua debu, dan turunkan dari atas.

3. Kusen Pintu
Coba pikirkan tentang seberapa sering tangan Anda menggenggam pintu, atau bagaimana Anda bersandar pada kusen pintu dengan tangan Anda — ini adalah area dengan sentuhan tinggi yang sering kali tidak terdeteksi saat harus membersihkan! Gunakan kain lembab untuk menyeka dan membersihkannya dengan pembersih serbaguna.

4. Peralatan Atas dan Bawah
Microwave, lemari es, pemanggang roti; ini semua adalah tempat yang membutuhkan sedikit pembersihan dari waktu ke waktu. Perhatian khusus diperlukan pada bagian bawah dengan kemoceng dan kain lembab seminggu sekali.

5. Papan alas
Seringkali dilupakan, ini mengambil banyak debu dan goresan dari area lalu lintas tinggi dan bisa menggunakan kain basah dan terkadang sabun lembut untuk menghilangkan bekas sepatu dan lapisan debu yang mengumpul di atasnya.

6. Kipas Langit-Langit
Kipas langit-langit dapat menumpuk lapisan debu saat tidak digunakan. Gunakan kain lembab untuk menyeka setiap bilah sehingga saat Anda menyalakannya lagi Anda meminimalkan debu yang akan tumpah setelah berbulan-bulan tidak berguna.

7. Saklar Lampu, Kenop Pintu 
Saklar lampu juga termasuk bagian yang jarang dibersihkan, Mungkin kebanyakan orang susah untuk menjangkaunya. Pikirkan tentang seberapa sering orang di rumah Anda menyentuh permukaan tersebut. Semua jenis kuman dan bakteri menumpuk di dalamnya, jadi coba bersihkan dengan disinfektan sekali atau dua kali seminggu.

8. Membersihkan Bantal
Orang-orang sering kali menentang ini, terutama tamu, dan dalam jangka waktu yang lama mereka perlu dicuci untuk mengurangi jumlah debu dan bakteri yang terkumpul. Baik Anda memiliki anak, atau hidup sendiri, mencuci bantal secara berkala agar selalu terlihat dan harum adalah ide yang baik.

9. Kursi
Kursi termasuk perabotan rumah tangga yang tidak luput dari debu, Oleh karena itu kursi juga terdapat celah dimana debu bisa menumpuk dibagian lipat tengah serta dibagian bawah. Pada umumnya pemilik rumah hanya akan membersihkan lantainya saja.

10. Remote TV
Remot TV menjadi salah satu barang dirumah yang jarang sekali dibersihkan karena mungkin tidak terpikirkan oleh kebanyakan orang. Dengan perpindahan tangan dari jarak jauh, Anda pasti ingin memastikan kuman-kuman itu tidak bertahan lama, Keluarkan baterai dan bersihkan semuanya dengan desinfektan sekitar sekali seminggu.

Ini hanyalah beberapa barang di rumah Anda yang sering diabaikan dalam tugas pembersihan rutin Anda. Memadukan ini dalam jadwal bergilir akan membantu meningkatkan kesehatan Anda, dan keselamatan rumah tangga Anda.