Kita semua memiliki sebagian prinsip dalam diri yang kita patuhi. Pengembangan pribadi, motivasi dan kesuksesan sebenarnya sudah ada dalam diri seseorang hanya saja masih bersembunyi dalam diri. Diperlukan latihan yang sungguh-sungguh untuk bisa memotivasi diri sehingga kekuatan dalam diri bisa kita gunakan untuk pengembangan diri yang lebih baik.

Memiliki prinsip yang kuat tentu akan menjadikan diri Anda menjadi lebih baik terlebih lagi bila prinsip positif. Prinsip yang baik pada diri tidak goyah walaupun ada godaan dari luar yang akan membuat Anda melanggar prinsip yang sudah Anda yakini.

Nah, berikut dibawah ini sepuluh prinsip yang bisa menjadikan pribadi yang lebih baik :

1. Cintai Lebih Banyak:

Bukan hanya orang atau benda, tapi diri Anda sendiri. Banyak masalah hidup diakibatkan oleh kurangnya cinta diri. Untuk mencintai lebih banyak berarti terhubung dengan kecerdasan yang lebih dalam yang memandu keberadaan Anda. Anda adalah perwujudan cinta, terlepas dari apakah Anda terluka atau dikhianati. Singkirkan perasaan itu dan ketahuilah bahwa Anda adalah samudra yang berenang di lautan cinta.

2. Waspadai Pikiran Anda:

Waspadai pikiran Anda dan jangan biarkan pikiran itu menguasai Anda. Apakah Anda memikirkan pikiran-pikiran yang membangkitkan semangat atau apakah itu dipenuhi dengan keraguan diri dan pesimisme? Apakah Anda mencari nilai tambah dalam berbagai situasi atau apakah Anda mempertimbangkan apa yang bisa salah? Apakah Anda memiliki mindset tetap atau mindset berkembang? Terlepas dari kepercayaan orang, pikiran kita tidak tetap. Mereka dibentuk dengan menyadarinya dan tidak mempercayai semua yang Anda pikirkan.

3. Sikap Adalah Segalanya:

Sikap Anda lebih penting daripada pandangan Anda karena itu memengaruhi bagaimana Anda tampil dalam hidup. Bagaimana sikap positif dikembangkan? Dengan mengatasi rintangan hidup daripada mundur darinya. Saat Anda menjalani hidup dengan keberanian, Anda mengatasi ketakutan Anda yang pernah melumpuhkan Anda.

4. Berdamai dengan Masa Lalu:

Untuk menciptakan masa depan ini, kita perlu menyembuhkan masa lalu, untuk menghindari kelebihan beban. Anda pernah mendengarnya berkata, masa lalu adalah bagian dari imajinasi Anda dan tidak ada lagi. Menghidupkan kembali masa lalu menggagalkan masa depan yang cerah karena pikiran Anda terjebak memikirkan sesuatu yang tidak lagi relevan.

5. Kelilingi Diri Anda Dengan Orang-Orang Hebat:

Terutama mereka yang mengeluarkan yang terbaik dalam diri Anda. Jika kita kurang percaya diri, kita menarik orang yang berpikiran sama. Mereka cenderung memperhatikan bagian yang tidak diakui dalam diri kita yang tidak kita setujui. Orang lain kemudian akan merefleksikan ini melalui interaksi mereka dengan kita dan kita membalas untuk membuktikan bahwa mereka salah. Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang melihat kualitas Anda yang lebih baik dan tidak meremehkan Anda.

6. Mengkhawatirkan Masa Yang Akan Datang:

Berhentilah mengkhawatirkan masa depan sampai itu tiba. Kami khawatir tentang keadaan dan kehilangan kegairahan saat ini. Masa depan tidak pernah tiba seperti yang kita harapkan, jadi tidak ada gunanya mengkhawatirkan sesuatu yang ada sebagai pikiran. Bijaksana untuk memiliki: tujuan, impian, dan ambisi. Namun, jika kita tidak selaras dengan motivasi untuk mencapai hal-hal tersebut, saat hal itu sampai, tidak akan seperti yang kita harapkan. Ini adalah bagaimana krisis paruh baya terjadi karena visi masa depan kita tidak sesuai dengan kenyataan.

7. Bersyukur:

Syukur berarti menghargai apa yang Anda miliki dalam hidup Anda daripada apa yang kurang. Kita bisa fokus pada hal negatif atau positif dan bagaimanapun juga kita benar. Yang satu membawa keadaan yang tidak menguntungkan sementara yang lain membawa aspek positif. Bersyukurlah untuk hal-hal terkecil karena di suatu tempat, seseorang merindukan apa yang Anda anggap remeh.

8. Maafkan Diri Anda Dan Orang Lain:

Memaafkan adalah pintu untuk menyembuhkan masa lalu. Banyak orang memaafkan orang lain tetapi mereka tidak dapat memaafkan diri sendiri. Saya mengundang Anda untuk memulai dengan diri Anda sendiri terlebih dahulu. Maafkan diri Anda sepenuhnya dan bukalah jendela agar cinta bisa sembuh. Ingatlah, memaafkan tidak berarti melupakan, itu berarti melihat masa lalu dalam terang yang baru.

9. Temukan Dan Jalani Tujuan Anda:

Orang yang menjalankan tujuan mereka menjalani hidup yang lebih sehat dan kuat. Mereka senang mengejar apa yang membuat semangat mereka menjadi hidup. Ada tujuan di dalam diri Anda yang menunggu untuk mengungkapkan dirinya sendiri. Bergantung pada usia Anda, Anda mungkin telah menyadarinya atau masih menemukannya. Kuncinya adalah bereksperimen sampai Anda menemukan tujuan yang sesuai dengan Anda. Tujuan Anda akan membawa sukacita dalam hidup Anda dan orang-orang yang Anda layani.

10. Bersikap Baik Kepada Semua Orang 

Kita sering tidak menyadari betapa sulitnya beberapa orang melakukannya, sampai kita mendapatkan wawasan tentang kisah mereka. Jangan menilai orang seperti lukisan cat minyak karena ada kedalaman yang lebih dalam pada seseorang daripada yang Anda sadari. Kami tidak mendapatkan kesan mereka sampai kami benar-benar mengenal mereka atau berjalan di posisi mereka. Asumsikan yang terbaik dalam diri setiap orang sampai mereka membuktikan sebaliknya. Bersikaplah baik dan tahan penilaian karena itu hanya mendefinisikan Anda sebagai seorang kritikus.

Dengan memiliki seperti yang diatas maka perubahan dalam diri Anda akan bisa dirasakan, sehingga selalu teng dalam menjalani kehidupan dimasa yang akan datang. Selalu berfikir positif tentang apa  yang terjadi dalam hidup, maka hasil akhirnya pun akan baik.