Sebuah studi baru-baru ini mengungkapkan bahwa kebanyakan mobil di jalan raya saat ini memiliki umur panjang rata-rata 10-11 tahun dan jika dirawat dengan baik dan dihadiri oleh ahli mekanik, kemungkinan akan bertahan lebih lama.

Memiliki sebuah mobil adalah sebuah investasi tersendiri meskipun bukan lagi sebuah kemewahan yang mampu dimiliki oleh orang kaya. Ini adalah mesin di penghujung hari dan dengan keausan yang teratur, suku cadang cenderung berhenti berfungsi setelah titik waktu tertentu jika tidak dirawat pada waktu yang tepat.

Semua mobil perlu diservis dan dirawat sesekali, dan ini bukanlah tugas yang dapat Anda lakukan sendiri. Oleh karena itu, kehadiran mekanik adalah sesuatu yang sangat penting terutama ketika Anda ingin menjaga aset Anda tetap berfungsi dengan baik selama bertahun-tahun.

Anda mungkin akan menemukan banyak ahli di sekitar Anda yang akan menjamin hasil terbaik, tetapi Anda tidak bisa begitu saja mempercayai sembarang orang. Memeriksa berbagai aspek yang terkait dengan keterampilan mereka, Anda akan sampai pada kesimpulan.

Saat menangani mekanik yang tepat untuk mobil Anda, Anda harus mengikuti beberapa aturan yang akan bermanfaat bagi Anda dan mekanik, Berikut cara yang mungkin Anda coba :

1. Pastikan Berkomunikasi Yang Baik

Sekalipun mekaniknya ahli dengan mobil, pada akhirnya itu adalah kendaraan milik Anda. Andalah yang akan mengetahui masalah spesifik yang dihadapi mobil Anda. Anda dapat mencoba mencatat setiap menit ketidak teraturan atau perubahan dalam cara fungsi mobil dan memberi tahu mekaniknya.

Meskipun Anda memberi tahu mereka detailnya, akan lebih mudah bagi mereka untuk memastikan bahwa masalah diselesaikan segera dan selanjutnya terus memeriksa masalah lain yang mungkin dihadapi mobil. Menyerahkan semuanya kepada mekanik untuk mencari tahu mungkin bukan pilihan yang tepat karena mereka akan mengendarainya untuk mencari tahu masalahnya.

2. Miliki Ekspektasi Yang Realistis 

Ada banyak mekanik yang menjanjikan solusi cepat, tetapi tidak selalu demikian ketika mereka akan memperhatikan Anda saat Anda mendekati mereka. Mungkin ada banyak mobil lain yang mengantri di depan Anda, dan oleh karena itu Anda harus bersabar.

Anda tidak dapat mengharapkan layanan cepat dan super cepat dari akhirnya karena memang membutuhkan waktu untuk menganalisis, memperbaiki, menguji, dan akhirnya memberi Anda mobil yang kembali normal.

3. Bawa Kendaraan Dalam Keadaan Bersih

Meskipun mobil Anda tidak berfungsi sebagaimana mestinya, Anda diharapkan memiliki kesopanan untuk membantu mereka dengan mobil yang sudah dicuci dan bersih. Saat mengerjakan area bermasalah di mobil, mekanik harus membuang waktu untuk membersihkan kendaraan Anda daripada memperhatikan apa yang seharusnya dia lakukan.

Membantu dengan kendaraan yang bersih akan memulai perbaikan dengan cara yang lebih baik tanpa harus khawatir dengan kotoran dan kekacauan. Dengan melakukan hal yang sederhana seperti diatas dapat memudahkan mekanik untuk melakukan yang lain. Sehingga tidak memakan waktu yang lama dan menyenangkan mekanik.

4. Percayakan Pada Mekanik

Maksudnya disini ialah, Anda harus percayakan mobil Anda dipegang oleh mekanik. Jangan sampai ada keraguan yang akan membuat mekanik menjadi setengah hati untuk melakukan perbaikan pada mobil Anda. Mekanik memahami bahwa itu adalah mobil Anda, dan Anda harus mengetahui apa yang terjadi selama proses perbaikan dan pemeliharaan, tetapi itu tidak berarti Anda harus melayang-layang di sekitar mereka saat mereka sedang bekerja.

Ini tentu saja akan membuat Anda ikut campur dalam proses kerja mereka yang tidak dapat diterima. Meskipun Anda telah memilih mereka karena pengetahuan dan pengalaman yang mereka miliki tentang perbaikan dan pemeliharaan mobil, Anda harus memercayai mereka pada apa pun yang akan mereka lakukan dan tidak menjadi orang yang curang sepanjang waktu. Semoga bermanfaat.