Penemuan arkeologi meliputi perhiasan yang terbuat dari kulit binatang, bahan kulit dan tumbuhan yang dihiasi dengan gigi binatang, bulu, cangkang, kerikil, tulang, biji, dan bunga. Belakangan, seiring dengan kemajuan teknologi manusia, logam dan permata mulai muncul dalam catatan arkeologi. Batu permata alami yang dipancing dari laut, mutiara telah dipuja selama ribuan tahun sebagai perhiasan berharga karena bentuk, kilau, dan warnanya.

Hampir di seluruh dunia kaum wanita sangat menyukai mutiara, berikut ini lima alasannya :

1. Mutiara Tradisional

Kedewasaan, wisuda, pernikahan, hari jadi, pencapaian tonggak sejarah dan acara-acara khusus ditandai dengan pemberian dan pemakaian mutiara. Setiap mutiara itu unik dan bentuknya alami serta tanpa modifikasi buatan. Dikenakan sebagai tali sederhana, bros berhias atau gelang halus, mutiara, seperti yang dikatakan Jackie Kennedy, selalu pantas.

2. Mutiara Mewakili Ikatan Cinta

Seperti bayi yang berkembang di dalam perut ibunya, mutiara terbentuk di dalam jaringan lunak moluska seperti tiram dan kerang. Mutiara mewakili ikatan cinta antara Anda dan orang yang Anda cintai seperti hubungan penting antara induk mutiara yang kuat, tangguh, dan berwarna-warni dari cangkang bagian dalam dan mutiara yang tercipta di dalamnya.

3. Mutiara Menginspirasi

Ketika partikel kecil, parasit, atau organisme masuk ke cangkang moluska tertentu, mereka merespons dengan menciptakan ‘kantung mutiara’ untuk melindungi diri dari pengiritasi yang mengancam. Moluska berulang kali mengeluarkan kalsium karbonat untuk menutupi iritan. Seiring waktu, lapisan-lapisan ini menumpuk dan menghasilkan pembentukan ratna yang halus dan indah.

4. Mutiara Untuk Kesehatan Yang Baik

Unsur yang sama yang membuat mutiara berwarna-warni dan kuat membuat bubuk mutiara menjadi ‘makanan super’ yang cantik. Bubuk putih halus dari mutiara bubuk kaya akan kalsium serta magnesium, asam amino, dan trace mineral.

Dilayani oleh dukun Cina sebagai obat medis selama ribuan tahun, bubuk mutiara telah memasuki arena kesehatan Barat sebagai suplemen nutrisi untuk wanita. Meskipun penelitian dan informasi terbatas, suplemen bubuk mutiara dilaporkan membantu mencegah perubahan warna kulit, masalah pencernaan, dan osteoporosis.

Bubuk mutiara juga menjadi pusat perhatian sebagai bahan utama kosmetik (yang sudah diketahui orang China ribuan tahun yang lalu!). Ini sering dimasukkan ke dalam exfoliant, masker, dan bubuk finishing dan eye shadow yang berkilauan.

5. Mutiara Berasal Dari Air

Ramah lingkungan dan tumbuh di air, mutiara adalah anugerah dari alam. Air dianggap sebagai salah satu ‘elemen klasik’ dalam filsafat Yunani kuno dan dikaitkan dengan kualitas emosi dan intuisi. Sebagai batu permata klasik yang sering diberikan dan dikenakan untuk acara-acara khusus, mutiara identik dengan kenangan dan pengalaman emosional. Syukurlah, mutiara cocok untuk semua gaya dan menambahkan sentuhan keanggunan di setiap kesempatan.

Guru gaya Prancis Genevieve Antoine Dariaux menyukai mutiara. “Hanya ada satu perhiasan yang cocok untuk semua orang, indah dengan hampir setiap ansambel, cocok untuk hampir semua kesempatan, dan sangat diperlukan di lemari pakaian setiap wanita … seumur hidup kalung mutiara, benar atau salah, dari kencan pertama kita sampai nafas terakhir kita! ”

Disamping itu juga, Mutiara sering kali diberikan sebagai hadiah yang dipertimbangkan dan bijaksana. Pembeli menghabiskan waktu untuk memilih jenis perhiasan yang paling sesuai, dan mereka menimbang ukuran, warna, dan bentuk mutiara dengan memikirkan penerima hadiah.

Selain rajin menunggu untuk memakai mutiara Anda setelah mengaplikasikan kosmetik dan selalu melepasnya sebelum berenang dan mandi, Anda bisa memelihara perhiasan mutiara asli Anda dengan berbagai cara.

Kenakan mutiara Anda sesering mungkin untuk meningkatkan kilau karena minyak dari kulit Anda membuatnya tetap lembap. Selalu bersihkan sisa-sisa keringat, kosmetik, dan lotion menggunakan kain lembut. Mutiara sebaiknya dibersihkan oleh toko perhiasan yang dapat diandalkan untuk menjaganya tetap dalam kondisi sempurna selama beberapa generasi.

Mutiara cocok untuk setiap kesempatan apakah Anda menerima mutiara sebagai hadiah, memberikannya kepada orang yang Anda cintai atau memakainya.