Kita semua membutuhkan teman yang dapat kita ajak bicara, seseorang yang dapat melampiaskan kesulitan hidup kita. Atau kita mungkin menginginkan teman yang bisa kita ajak bersenang-senang. Menemukan teman yang tepat yang dapat memenuhi ekspektasi Anda bisa menjadi tantangan.

Anda menginginkan seorang teman yang Anda berbagi nilai-nilai yang sama seorang teman yang dapat menyemangati Anda, memberi selamat kepada Anda setelah mencapai sesuatu, menghormati Anda dan juga seorang teman yang tidak memanfaatkan Anda.

Dengan memilih teman yang tepat Anda akan terhindar dari kekecewaan, stres, atau bahkan depresi.

Anda harus mencari seorang teman yang memiliki minat terbaik Anda di hati mereka. Mungkin ada orang-orang yang terlihat peduli dengan hidup Anda tetapi pada kenyataannya mereka hanya tertarik untuk mendapatkan sesuatu dari Anda untuk keuntungan egois mereka sendiri dan mereka akan melakukan apa saja tanpa mempedulikan Anda, bahkan jika Anda ramah kepada mereka.

Sebelum Anda tahu bagaimana memilih teman Anda, Anda perlu “mempelajari semua orang” untuk mengetahui kelemahan dan kekuatan mereka, cobalah untuk memahami mereka. Ini akan memberi Anda pemahaman dalam memilih teman dan juga menjadi pemimpin.

Berikut di bawah ini Adalah Langkah-Langkah yang bisa membantu Anda dalam mencari teman yang bijak:

1. Pilih Teman dengan Nilai yang Sama dengan Anda.

Setiap orang memiliki nilai-nilai mereka sendiri dan merupakan suatu keharusan bagi seseorang yang merupakan teman Anda untuk tidak melawan nilai-nilai ini.

Katakanlah Anda sangat menghormati harta milik Anda dan Anda akan membenci seseorang yang memperlakukan harta milik Anda dengan tidak hormat.

Maka Anda harus mencari seorang teman yang memiliki minat terbaik Anda di hati mereka dan bukan seorang teman yang bersedia menyenangkan orang lain tanpa memedulikan batasan Anda. Ia adalah orang yang dapat dengan mudah mengkhianati Anda, terutama jika ia adalah orang yang berusaha untuk menjadi keren agar ia dapat menyesuaikan diri dengan kelompok sosial lain.

2. Pilih Teman yang menyemangati Anda.

Teman yang menyemangati Anda hampir menjadi sahabat terbaik. Ini adalah orang yang tertarik pada hidup Anda, tujuan Anda dan apa yang ingin Anda capai tanpa memanipulasi Anda untuk keuntungan egois mereka sendiri. Seorang teman yang menyemangati Anda tidak akan membuat Anda merasa iri. Seseorang yang membuat Anda iri dan berpura-pura menjadi teman Anda tidak terlalu peduli dengan Anda.

Orang seperti itu hampir sepanjang waktu akan berbicara tentang pencapaian terbesar mereka atau proyek besar berikutnya yang akan membuat mereka sukses. Hindari orang-orang ini karena tindakan mereka akan membuat Anda iri yang akan menyebabkan stres dan kemudian depresi, mereka dapat dengan mudah menghancurkan hidup Anda dan bahkan tidak akan peduli dengan apa yang terjadi pada Anda.

3. Pilih Teman yang memiliki minat yang sama.

Ini adalah teman yang menyenangkan dan merupakan teman terbaik untuk diajak bergaul saat Anda merasa sedih. Anda dapat berbagi minat seperti musik, olahraga, seni, atau petualangan.

4. Pilih teman yang mendukung Anda

Seorang teman yang bisa merayakan kesuksesan Anda sangat jarang ditemukan. Jika Anda menemukannya, pastikan Anda menyimpannya dekat. Ini adalah teman sejati karena orang seperti itu tertarik pada Anda, dia akan mendorong Anda untuk mencapai tujuan Anda dan merayakan setiap pencapaian.

5. Hindari orang yang manipulatif.

Orang yang manipulatif itu pintar. Mereka dapat dengan mudah menipu Anda untuk menjadi teman mereka. Beginilah cara orang seperti itu menipu Anda untuk menjadi teman mereka;

Mereka akan memberi tahu Anda beberapa kebenaran tentang kehidupan mereka sehingga mereka dapat menciptakan kepercayaan dengan Anda (Anda pada gilirannya akan berpikir bahwa ini adalah orang yang melihat Anda sebagai teman yang baik dan Anda tidak ingin mengecewakan mereka.)
Mereka akan mulai membantu Anda ketika Anda membutuhkan bantuan bahkan ketika Anda belum memintanya.

Mereka kemudian akan memperhatikan minat Anda dan akan menemukan sesuatu yang akan membuat Anda iri.
Mereka akan bertanya tentang tujuan dan pencapaian Anda dalam hidup untuk keuntungan egois mereka sendiri dan mereka tidak akan mendorong Anda untuk mencapainya.

Jika Anda curiga seseorang memanipulasi Anda untuk keuntungan egoisnya sendiri, pastikan Anda mengakhiri pertemanan.

6. Hindari orang yang suka bergosip.

Bergosip itu kekanak-kanakan; Anda harus mencari teman yang suka mengurus bisnis mereka sendiri. Jangan cepat memilih teman. Orang yang suka bergosip dan berteman dengan Anda dapat dengan mudah menghancurkan reputasi Anda, meskipun itu berarti menyelamatkan diri sendiri.

Jika Anda memiliki teman dan Anda curiga dia sedang bergosip, pastikan Anda menghadapinya dengan hati-hati, karena jika Anda tidak melakukannya akan membuat persahabatan Anda menjadi canggung dan Anda akhirnya akan menjadi musuh.

7. Pilih teman dengan tujuan yang sama.

Jika Anda memiliki tujuan hidup untuk memiliki bisnis tertentu dan Anda menemukan seseorang dengan mimpi yang sama, Anda harus memastikan bahwa Anda menjadi teman. Ketika memilih teman-teman seperti itu (ini tidak terjadi pada semua situasi karena tergantung pada orang-orang yang bekerja bersama) pastikan bahwa Anda tidak memiliki keterampilan yang sama karena ini dapat menyebabkan persaingan dan alih-alih bekerja bersama Anda akan menjadi saingan.

Pengetahuan adalah kunci dalam hidup, memiliki teman yang dapat membantu Anda mempelajari sesuatu yang baru dari mereka adalah hal yang luar biasa. Mereka dapat memberi Anda informasi yang akan membantu Anda dalam hidup Anda.