Halo sahabat cat lovers bagaimana kabarnya? Semoga pada sehat semua ya beserta dengan kucing peliharaannya. Ada banyak aturan yang harus diikuti saat merawat kucing Anda. Aturan ini sederhana dan akan memastikan kucing Anda sehat dan bahagia.

Untuk itu bagi yang memiliki peliharaan kucing, dibawah ini kita akan mengulas tentang panduan merawat peliharaan kucing. Apa saja caranya, ada 10 tips cara merawat kucing yaitu :

1. Saat Kucing Anda Tiba Dirumah

Membawa kucing pulang ke rumah menjadi hal yang menakutkan. Bersiaplah dengan memiliki tempat makanan dan air yang sudah disiapkan. Juga siapkan kotak kotoran di tempat yang cukup jauh dari makanan. Kucing baru Anda harus diangkut dengan pembawa kucing.

Saat Anda membawa kucing ke dalam, letakkan wadahnya dan buka pintunya. Biarkan kucing keluar dan menjelajah sendiri. Mengurung kucing di ruangan yang tenang selama satu atau dua hari akan membuat pengalamannya tidak terlalu berlebihan.

2. Saat Pergi Keluar

Sebelum membiarkan kucing Anda keluar untuk pertama kalinya, pastikan ia merasa nyaman dengan Anda dan lingkungan dalam ruangannya. Ada banyak bahaya di luar, jadi biarkan kucing Anda memiliki jalan keluar jika ia membutuhkannya. Kucing saya menggunakan pintu kucing dan telah menyelamatkannya beberapa kali.

Pertimbangkan risiko membiarkan kucing Anda berada di luar ruangan. Jika Anda tinggal dekat dengan banyak lalu lintas, memelihara kucing di luar ruangan mungkin bukan ide yang baik.

3. Membersihkan Kotak Sampah

Jika Anda menggunakan kotak kucing, kotak itu harus dibersihkan setiap hari. Kotoran kucing yang menggumpal membuatnya mudah. Cukup keluarkan gumpalannya dan selesai. Letakkan kotak kotoran di tempat yang tidak membuat kucing diganggu.

4. Sediakan Makanan dan Minum

Kucing Anda harus selalu mendapatkan persediaan makanan dan air segar. Saya lebih suka menggunakan mangkuk keramik yang berat untuk mencegah kucing mendorong atau menjatuhkannya. Mangkuk air harus diganti setiap hari dan makanan harus ditambahkan untuk menjaga pasokan yang baik.

Kucing saya sekarang mengkonsumsi makanan kering berkualitas tinggi. Saya menemukan memberinya makan kaleng makanan adalah pemborosan. Dia biasanya meninggalkan beberapa di setiap makan terlepas dari porsinya. Pada usia 15 tahun saya menyapihnya ke makanan kering saja.

5. Siapkan Mainan Kucing

Ada begitu banyak mainan kucing yang berbeda di pasaran saat ini, sulit untuk memilih mainan yang disukai kucing Anda. Setelah banyak trial and error, saya memutuskan bahwa kucing saya lebih menyukai tali yang terpasang pada mainan itu jauh lebih baik daripada mainan itu. Kapanpun saya ingin bermain, saya mendapatkan senar, atau lebih baik lagi, kalung emas saya (favoritnya).

6.Siapkan Tempat Tidur Untuk Kucing Anda

Seekor kucing selalu membutuhkan tempat yang sunyi dan jauh dari tempat tidur sepanjang hari. Tempat tidur di dekat pemanas atau ventilasi tungku sangat ideal. Di musim dingin, sebagian besar ventilasi di rumah saya memiliki tempat tidur kucing di dekat mereka. Jika Anda memiliki anak kecil, pastikan mereka tidak dapat mengganggu kucing Anda saat tidur

7. Perawatan Mata dan Telinga

Saat kucing menumpuk kotoran di sekitar mata, cukup bersihkan dengan kain lembab. Kotoran dalam jumlah kecil adalah normal untuk kucing yang sehat tetapi jika jumlahnya berlebihan, konsultasikan dengan dokter hewan.

Periksa telinga kucing Anda secara teratur untuk mencari kotoran atau tungau telinga. Semua kotoran bisa dihilangkan dengan Q-tip lembab. Jika Anda melihat gumpalan cairan berwarna coklat, Anda harus berkonsultasi dengan dokter hewan. Ini tandanya tungau telinga.

8. Merawat Cakar

Jika Anda memiliki kucing luar, perawatan cakar kurang penting. Memanjat pohon, dan barang luar ruangan lainnya membantu menjaga cakar tetap terjaga dengan baik. Kucing dalam tidak terlalu membutuhkan cakarnya.

Sebenarnya tidak ada lingkungan di mana kucing Anda perlu menggunakan cakarnya. Anda harus memotong cakar kucing Anda sekali atau dua kali setahun. Potong ujung setiap cakar. Mengambil lebih dari sekedar tip dapat melukai kucing Anda. Disarankan agar Anda meminta dokter hewan untuk menunjukkan cara memotong cakarnya dengan benar.

9. Perawatan Mulut dan Gigi

Seiring bertambahnya usia kucing, gigi mereka mulai menumpuk kalsium yang dapat menyebabkan radang gusi. Periksa mulut kucing Anda setiap 6 atau 8 minggu. Temukan dan buang dan kalsium menumpuk sebelum deposit menjadi terlalu besar.

Merawat kucing itu cukup sederhana, akal sehat kok. Saya percaya bahwa makanan yang baik, air bersih, banyak kasih sayang dan olahraga adalah yang terbaik untuk kucing. Dengan mengikuti 9 pedoman sederhana ini, kucing Anda dapat hidup panjang umur dan sehat.