Frustasi memang sering kali dirasakan oleh setiap orang, terlebih lagi saat menghadapi sulitnya hidup di masa pandemi seperti saat ini. Oleh karena itu perlu mencari cara untuk lebih bijak menyikapi perasaan tersebut agar tidak menjadi beban yang berkelanjutan.

Pada umumnya frustasi adalah perasaan yang dialami seseorang yang sedang mengalami permasalahan yang menurut orang tersebut sulit untuk bisa mencari solusi. Dengan mengetahui cara menekan frustasi tersebut maka hari-hari Anda bisa berjalan dengan baik tanpa ada rasa kekhawatiran yang berlebihan.

Jika Anda suka menjadi pekerja lepas untuk mendapatkan uang, akan sangat sulit menemukan pekerjaan. Anda dapat menghabiskan waktu berhari-hari untuk mencari klien dan membuat diri Anda gila karena frustrasi.
Anda memiliki rencana dan tujuan besar tetapi Anda tidak dapat maju dengannya kecuali Anda mendapatkan uang. Aku tahu bagaimana rasanya frustrasi sampai mencabut rambutku sendiri.

Dalam artikel ini, Anda akan belajar bagaimana menghadapi frustrasi Anda dan mengatasinya.

~ Turunkan Ekspektasi Anda

Jika Anda seperti saya dan Anda ingin mendapatkan lebih banyak dari hidup – lakukan perjalanan dan yang terbaik adalah menunda rencana Anda sampai Anda menemukan beberapa klien tetap yang baik. Dalam kasus saya, saya ingin melakukan perjalanan – saya sangat ingin melakukan perjalanan. Tetapi saya tidak bisa, tidak sampai saya telah menabung cukup banyak uang. Dan untuk menghemat uang, saya perlu menghasilkan uang. Dan untuk mendapatkan uang, saya perlu mencari klien.

Jadi jangan fokus pada apa yang ingin Anda lakukan – fokuslah pada apa yang perlu Anda lakukan. Jika Anda terus memikirkan rencana masa depan Anda tetapi tidak dapat mencapainya, Anda akan merasa sangat frustrasi. Fokus pada menabung dan bekerja.

~ Teruslah Bergerak

Jika Anda seorang freelancer, Anda mungkin tahu bagaimana rasanya mencari klien sepanjang hari hanya untuk menemukan satu atau dua klien yang hanya membutuhkan proyek kecil dari Anda. Saya membuat kesalahan setahun yang lalu untuk berhenti mencari klien begitu saya menemukan klien tetap.

Begitu saya berhenti bekerja untuk klien, saya harus mulai dari awal – mencari klien baru sepanjang hari. Saat ini saya tinggal dengan orang tua saya jadi saya telah memenuhi kebutuhan dasar saya tetapi jika Anda tidak memiliki aliran pendapatan, Anda terpaksa tinggal di rumah setiap hari yang membuat segalanya semakin membuat frustrasi.

Jadi apa solusinya? TERUS BERGERAK dan Jangan berhenti – bahkan jika Anda sudah mendapatkan pekerjaan – teruslah mencari lebih banyak. Anda akan menemukan pekerjaan dan Anda akan menemukan seseorang yang akan memberi Anda pekerjaan rutin yang hanya perlu Anda cari.

~ Istirahat

Jika Anda telah menghabiskan sebagian besar hari Anda menembak email kepada orang-orang dengan harapan menemukan beberapa pekerjaan, saya sarankan Anda beristirahat dari komputer Anda. Jalan-jalan, nongkrong dengan beberapa teman, menjauhlah dari komputer Anda sebentar.

Anda akan melihat bahwa setelah Anda kembali ke komputer Anda, Anda akan dapat memulai dari awal. Anda perlu meluangkan waktu untuk mengalihkan pikiran dari pekerjaan Anda dan fokus pada hal-hal lain.

Ada suatu titik dalam hidup saya di mana segalanya menjadi sia-sia. Putus dengan pacar saya, kehilangan klien saya, dan harus mulai dari nol. Tetapi saya melewati periode itu dan saya belajar darinya – saya sudah menemukan beberapa klien dan saya merasa jauh lebih baik.

Jadi jika Anda merasa frustrasi jangan menyerah – Anda tidak akan merasa frustrasi untuk waktu yang lama jika Anda fokus pada apa yang perlu dilakukan sekarang. Ikuti poin-poin dalam artikel ini dan Anda akan dapat mengatasi rasa frustrasi Anda dalam hitungan hari.