Berkembang dan tumbuhnya sebuah bisnis tentu tidak dapat dilepaskan dari berbagai macam hal pendukung. Salah satunya ialah tingginya permintaan dan terus tumbuhnya bidang bisnis tersebut. Contohnya saja seperti usaha yang berada di bidang otomotif seperti sepeda motor.

Pasar yang begitu besar di Indonesia membuat sepeda motor dapat menciptakan bisnis yang begitu menguntungkan serta tahan lama untuk di jalankan. Sepeda motor di Indonesia mempunyai peminat yang begitu besar. Mengapa Anda tidak mencoba bisnis onderdil motor?

Saat Anda ingin membuka bisnis ini, Anda harus memperhatikan berbagai macam hal. Salah satunya ialah mencermati modal. Untuk membuka bisnis yang satu ini memang mau tidak mau Anda harus menyiapkan modal yang cukup besar, bahkan Anda bisa beranggapan hal ini sebagai investasi awal.

Hal tersebut dikarenakan harga dari onderdil tidak murah, terlebih banyak onderdil orisinil yang harus Anda sediakan dari luar negeri, harganya pun juga dapat dikatakan mahal.

Lantas, apakah Anda sudah menyiapkan modal yang besar ini? bila Anda mempunyai hambatan tentang modal, Anda dapat melakukan kerjasama dengan distributor. Anda harus mengajukan permohonan, jika di setujui barang akan Anda bayar ketika sudah terjual.

Kedua, Anda harus memilih karyawan. Bisnis yang dapat tumbuh dan berkembang, biasanya hal ini ditandai dengan pelayanan yang baik. Pelayanan pada pelanggan memang tidak dapat dianggap sepele, ini dikarenakan puasnya konsumen akan menentukan seperti apa bisnis Anda kedepannya.

Oleh sebab itu, pilih karyawan yang dapat melayani konsumen dengan maksimal. Anda juga harus mencari karyawan yang mengetahui seluk beluk onderdil motor dikarenakan selain bertindak sebagai seorang teknisi, mereka nanti juga dapat dijadikan sebagai konsultan pelanggan. Pelanggan akan merasa puas jika mereka juga memperoleh pengetahuan tentang motornya.

Ketiga, dimana lokasi toko Anda. Lokasi dari bisnis Anda, walaupun hanya kendaraan beroda 2, Anda juga harus memikirkan kenyamanan bagi Anda sendiri. Pastikan lokasi Anda berada pada lokasi yang strategis dan dapat menarik pelanggan.

Biasakan memilih lokasi yang memiliki halaman cukup luas untuk perbaikan atau pemasangan onderdil, selain itu usahakan mempunyai tempat parkir yang nyaman pula. Sekarang ini sudah banyak toko onderdil yang memiliki konsep layaknya pasar modern.

Hal terakhir yang harus Anda cermati ketika akan membuka toko onderdil motor ialah dimana Anda membuang limbah onderdil? Memang saat bisnis Anda sudah berjalan, akan begitu banyak limbah yang dihasilkan dari toko.

Limbah ini sebenarnya dapat mendatangkan penghasilan tambahan untuk Anda. Anda dapat menjual semua limbah onderdil ini ke pengepul atau pun pencari mesin rongsokan, jadi limbah akan dapat berfungsi sebagai penghasilan tambahan selain bisnis utama dari penjualan onderdil Anda.