Olahraga merupakan aktivitas fisik yang dianjurkan untuk siapa saja, mulai dari usia anak-anak hingga orang tua lanjut usia. Berolahraga dipercaya mampu membuat tubuh terhindar dari berbagai serangan penyakit.

Penuaan mempengaruhi fungsi jantung, pembuluh darah, dan paru-paru. Jantung berfungsi sebagai juru untuk memompa darah, sementara kapasitas paru-paru untuk menghirup oksigen juga akan berkurang. hal ini membuat Lansia mudah kelelahan pada saat melakukan rutinitas harian biasa, apalagi saat Berolahraga.

Secara umum badan kesehatan dunia( WHO ) menganjurkan waktu olahraga untuk Lansia sebagai berikut:

1. Olahraga ringan minimal 150 menit dalam seminggu, dan intensitas berat 75 menit dalam seminggu.

2. Olahraga keseimbangan paling sedikit tiga kali seminggu

3. Olahraga kekuatan atau ketahanan otot minimal 2 kali seminggu.

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para Lansia sebelum melakukan olahraga tertentu, hal ini disebabkan pada usia lanjut, tubuh mengalami penurunan fungsi yang signifikan sehingga dapat berdampak terhadap ketahanan dan kekuatan otot.

Persiapan diri juga menjadi salah satu faktor yang membuat olahraga berlangsung menjadi lebih maksimal. Berolahraga sangat dianjurkan untuk para Lansia karena dapat menurunkan resiko penyakit degeneratif seperti jantung, Stroke, dan penyakit saraf.

Jenis-jenis olahraga yang baik untuk Lansia idealnya terdiri dari olahraga kardio, Yang berfungsi untuk melatih keseimbangan tubuh, dan latihan ketahanan otot.
Olahraga yang dianjurkan bagi Lansia adalah:

~ Jalan kaki
~ Jogging
~ Senam aerobik
~ Bersepeda
~ Berenang
~ Menari
~ Pilates

Rajin Berolahraga dapat meningkatkan kesempatan hidup seseorang di usia senja. Berjalan kaki di sekitar rumah selama 15 hingga 30 menit, atau bersih-bersih rumah dapat menjadi alternatif untuk Berolahraga setiap hari.

Manfaat olahraga bagi lansia apabila rutin melakukan olah tubuh setiap hari,yaitu sebagai berikut:

1. Mengurangi resiko kematian dini
2. Mengurangi resiko terserang berbagai penyakit kronis yang tidak menular seperti jantung dan diabetes
3. Mengurangi risiko terserang demensia atau gangguan otak pada Lansia,
4. Dapat memperbaiki komposisi tubuh seperti lemak tubuh
5. Meningkatkan kemampuan tulang dan otot
6. Menjaga daya tahan tubuh manusia sehingga tidak mudah terserang berbagai penyakit seperti flu
7. Memperbaiki masalah sulit tidur pada Lansia.

Usia seharusnya tidak menjadi halangan seseorang untuk tetap menjalani pola hidup sehat.
khususnya bagi Lansia yang sering kali malas untuk Berolahraga.

Karena alasan tubuh tidak seperti dulu atau mudah lelah. padahal olahraga yang dilakukan rutin dapat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Namun yang perlu anda ingat, anda harus tetap bisa mengukur kemampuan tubuh saat Berolahraga. jika masih ragu, konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui batasan-batasan yang aman bagi diri sendiri khususnya Lansia. Dan jangan ragu untuk meminta bantuan atau pendamping saat hendak melakukan olahraga.

Nah itulah beberapa manfaat Berolahraga Bagi Lansia, Semoga ulasan diatas bisa bermanfaat untuk pembaca Terimaksih dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.