Setelah menjalani rutinitas yang melelahkan di tempat kerja, salah satu hal terbaik adalah dapat mengambil waktu istirahat dan memulihkan diri. Salah satu hal yang paling diketahui tentang gaya hidup kita di zaman modern ini adalah banyak orang mengalami stres; Dengan tenggat waktu kerja, kehidupan sosial yang sibuk, dan bahkan kehidupan keluarga yang lebih menuntut, tubuh Anda menciptakan ketegangan dan hormon stres, kortisol.

Kortisol diketahui berkontribusi pada kurang tidur, penambahan berat badan, masalah pencernaan, dan sakit kepala. Terapi pijat diketahui dapat mengurangi kadar kortisol dalam tubuh, oleh karena itu berkontribusi pada perbaikan relaksasi, memperbaiki suasana hati, dan mengurangi tingkat stres pada tubuh. Selain mengurangi tingkat stres ini, pijatan teratur dapat membantu kesehatan fisik dan mental secara keseluruhan.

Mengurangi Stres, Ketegangan, Kecemasan dan Depresi

Tubuh dapat bekerja dengan berbagai cara, dan penumpukan stres dalam kehidupan kita sehari-hari sering kali merupakan salah satu akibatnya. Penurunan tekanan emosional dan fisik ini penting agar kita dapat membantu meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan pribadi kita.

Saat tingkat stres tubuh Anda meningkat, begitu pula hormon yang diproduksi tubuh Anda, kortisol. Ketika Anda menerima pijatan enam puluh menit, kadar kortisol ini diketahui berkurang, sementara pada saat yang sama kadar hormon serotonin anti nyeri tubuh mulai meningkat. Perubahan dalam hormon yang dilepaskan tubuh Anda, membantu dan membantu Anda melawan rasa sakit, kecemasan, dan perasaan sedih.

Diketahui bahwa manfaat emosional dari pijatan sama pentingnya dengan manfaat fisik. Pijat membantu menawarkan lingkungan yang santai dan damai, sehingga Anda dapat memfokuskan kembali dan menemukan kejernihan. Ini sering membantu seseorang terhubung melalui pikiran dan tubuh.

Sentuhan pengasuhan, membantu dengan kebutuhan akan kontak manusia, membawa bersama, rasa tenang dan ketenangan batin. Ini semua adalah faktor yang dapat bekerja untuk membantu meredakan ketegangan dan tingkat stres dalam tubuh.

Menurunkan Tekanan Darah

Telah ditemukan bahwa pijatan teratur dan sesi yang konsisten dapat membantu menurunkan tekanan darah dari waktu ke waktu. Dengan berkurangnya kadar kortisol, muncul kemungkinan untuk membantu mengatur suasana hati tubuh dan mengurangi pemicu kecemasan, ketegangan, dan depresi.

Terapi pijat sering digunakan untuk pra-hipertensi. Studi jangka panjang telah menunjukkan bahwa program pijat dapat membantu mengurangi jenis tekanan darah tertentu dengan mengurangi tingkat hormon stres kortisol, dan karenanya mengurangi depresi dan kecemasan serta manfaat lebih lanjut lainnya.

Rilekskan Ketegangan Otot

Salah satu alasan utama orang memilih pijat adalah untuk membantu mengurangi ketegangan otot yang menyakitkan, dengan menghilangkan ketegangan dan simpul di dalam otot. Memijat ketegangan otot dan persendian dengan cara mengurangi pembengkakan membantu tubuh untuk bisa rileks secara keseluruhan. Teknik yang digunakan untuk mengurangi pembengkakan dan nyeri sendi ini dapat membantu meningkatkan jumlah nutrisi dan oksigen yang dikirim ke area yang terkena.

Peningkatan aktivitas pada jaringan ini membantu mengatasi kekakuan dan pembengkakan pada otot dan persendian, sementara fleksibilitas pada area tersebut meminimalkan rasa sakit. Penggunaan terapi pijat melepaskan endorfin yang pada gilirannya meningkatkan kadar dopamin dan serotin. Pelepasan hormon ini membantu tubuh dalam banyak hal, termasuk secara fisik maupun mental.

Memperbaiki Sirkulasi Darah

Perbaikan sirkulasi dalam tubuh sering berkontribusi pada efek bola salju jika pijat teratur dilakukan. Memindahkan darah sehat yang kaya ke jaringan yang rusak. Penggunaan tangan untuk menekan tubuh dapat meningkatkan sirkulasi darah dengan cara mengalirkan darah melalui jaringan dan otot yang rusak dan tersumbat.

Menyadari tekanan pada otot membantu aliran darah baru ke area jaringan ini. Manfaat lain dari terapi pijat adalah gerakan dan manipulasi otot meningkatkan asam laktat di dalam otot. Ini kemudian menghasilkan keseimbangan sirkulasi cairan getah bening. Sistem ini membantu membawa limbah metabolisme dari organ internal dan otot; meningkatkan fungsi tubuh secara keseluruhan.

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Selama gaya hidup kita yang sibuk, implikasi dari stres pada tubuh yang dipadukan dengan nutrisi yang buruk dan pola tidur yang buruk dapat sangat merugikan tubuh kita dan pertahanan alami sistem kekebalan tubuh. Bersamaan dengan semua manfaat berbeda yang telah kita bahas sejauh ini dalam artikel ini.

Manfaat lain dari terapi pijat adalah efeknya pada sistem kekebalan individu. Kita semua akrab dengan atribut positif yang dimilikinya terhadap kesejahteraan seseorang dan suasana hati secara keseluruhan, tetapi juga dikenal untuk membantu sistem kekebalan tubuh.

Membantu Tidur Lebih Nyenyak

Agar tubuh Anda berfungsi pada tingkat yang optimal, dan agar Anda menjadi pribadi yang paling sehat dan sejahtera, Anda harus mendapatkan tidur yang cukup. Dianjurkan agar orang dewasa mendapatkan total 7 jam semalam untuk mencapai ini, sementara anak-anak bergantung pada usia, tetapi lebih dari orang dewasa.

Ketika tubuh Anda tidak mencapai tingkat tidur ini, meskipun Anda mungkin berpikir Anda baik-baik saja, sebenarnya tubuh Anda tidak akan bekerja pada tingkat terbaik di semua area. Gejala kurang tidur yang mungkin ditunjukkan tubuh Anda termasuk kinerja kerja yang rendah, waktu reaksi yang lebih lambat, dan masalah kelelahan, dan selanjutnya mengakibatkan suasana hati yang lebih rendah dan kesejahteraan secara keseluruhan.