Ketika mengendarai kendaraan Anda di malam hari, Anda mungkin sudah pernah berpapasan dengan sepeda motor yang mempunyai lampu depan sangat terang, begitu terangnya sampai mungkin Anda merasa sangat silau.

Itulah lampu HID motor atau yang sering juga disebut dengan lampu Xenon. Merupakan kependekan dari High Intensity Discharge, lampu jenis ini sangat populer di kalangan pecinta motor.

Kepopuleran lampu Xenon ini karena sebagai penerang ketika berjalan di malam hari, lampu ini mempunyai efek pencahayaan yang sangat kuat, dan menjadi alternatif yang lebih bagus dibandingkan dengan bohlam halogen biasa.

Ketika lampu di motor yang biasa sudah semakin meredup lantaran reflektor dari lampu semakin berkurang daya pantulnya, maka lampu Xenon ini bisa mengembalikan penerangan tersebut.

Banyak sekali model dari lampu HID motor ini, yang mempunyai warna berbeda-beda tergantung dari satuan derajat Kelvin yang digunakan. Lampu ini mempunyai banyak keuntungan ketika dipakai, seperti:

1. Efek sinar lampu yang dihasilkan jauh di atas lampu biasa yang merupakan bawaan dari pabrik, bahkan motor merk terkenal sekalipun.

2. Lampu Xenon tidak akan mudah rusak karena tak ada filamen tungsten seperti halogen biasa yang mudah putus karena suhu tinggi.

3. Konsumsi untuk daya lampu ini jauh lebih hemat daripada lampu yang standar. Bayangkan saja, dengan watt yang serupa, hasil dari sinar Xenon ini 3 kali lebih terang dibandingkan halogen. Ini berarti lampu Xenon pada daya 30-an watt akan menghasilkan sinar yang sama dengan lampu standar berdaya 100 watt.

4. Warna dari lampu Xenon hampir mirip dengan sinar matahari, jernih dan memberikan daya pandang lebih luas.

5. Tidak memberikan panas yang berlebih, sehingga bisa digunakan pada headlamp yang terbuat dari mika tanpa khawatir.

Namun, kelebihan dari lampu Xenon tersebut bukannya tanpa kelemahan yang dibawanya. Beberapa alasan kenapa orang enggan menggunakannya adalah:

1. Intensitas cahayanya terlalu besar, sehingga bisa menyilaukan pengemudi motor dan mobil yang berlawanan arah dengan Anda di jalan.

2. Harganya cukup mahal, sehingga Anda perlu merogoh kantong lebih dalam untuk memodifikasi motor dengan lampu ini.

3. Jika tidak dipasang dengan baik, lampu Xenon ini tidak bisa menembus kabut atau hujan, meskipun cahayanya terang.

4. Penggunaan lampu Xenon ini juga akan membuat mika lampu dan krom reflektor jadi lebih cepat kusam, dibandingkan dengan halogen.

 

Boleh-boleh saja jika Anda ingin menggunakan lampu HID motor ini buat kendaraan kesayangan Anda. Namun Anda harus ingat untuk memasang dan menyetelnya dengan benar. Lampu ini jika tidak dipasang dengan tepat akan membuat orang menjadi silau, dan efeknya bisa fatal.

Ada alasannya kenapa di banyak negara Eropa, penggunaan lampu semacam ini diregulasi dengan ketat (bahkan dilarang), jadi gunakanlah dengan bertanggung jawab.