Bermain adalah dunia anak yang sangat penting bagi perkembangan mereka. Tanpa adanya kesempatan bermain, tentu anak tak bisa melatih gerakan motorik halus dan kasar mereka, mengembangkan imajinasi, maupun belajar untuk bersosialisasi dengan teman-temannya.

Karena sifatnya yang sangat penting inilah, Anda juga harus berhati-hati ketika memilih mainan anak, agar anak tidak terluka ataupun mendapatkan mainan yang tak pantas.

Beberapa kriteria di bawah ini adalah hal yang perlu Anda pertimbangkan di saat akan membeli atau memilih mainan bagi si buah hati:

• Sesuaikan dengan usia

Berapa usia anak sekarang? Perhatikan bungkus dari mainan tersebut, dan lihatlah berapa usia yang direkomendasikan. Mainan bagi yang usianya 10 bulan tentu berbeda dengan yang 3 tahun.

• Mainan aman

Mainan tersebut juga harus terbuat dari bahan yang aman untuk anak bahkan jika dimasukkan mulut, cukup besar sehingga tak tertekan, ringan, serta tumpul atau tidak bisa melukai anak.

• Membuat kreatif dan edukatif

Lebih baik lagi jika mainan tersebut bisa membuat anak mengembangkan imajinasi, mendorongnya berkreasi, memecahkan masalah, dan bisa menambah pengetahuannya.

• Membuat senang

Hal lain yang penting tentu saja memastikan bahwa anak menyukai mainan tersebut karena memang menyenangkan.

 

Beruntung bahwa sekarang ini Anda mempunyai banyak pilihan mainan anak yang beredar di pasaran. Sebagai orang tua, adalah tugas Anda untuk memilih mainan yang menyenangkan sekaligus berguna bagi anak.

Anda juga bisa mencari ide mainan yang tepat dari permintaan anak Anda sendiri, apa yang mereka senangi? Dari situ, Anda bisa mencari-cari apa yang kiranya akan mereka setujui.

Berhubung sekarang ini mainan ada macam-macam, ini beberapa jenis mainan yang bisa Anda pilih bagi anak Anda:

1. Blok

Sangatlah bagus untuk bayi lantaran membantu melatih motorik halus mereka, membantu mengenal bentuk, berkreasi, dan juga mengenal warna.

2. Puzzle

Mainan seperti puzzle dan semacamnya sangatlah cocok untuk membantu mengasah otak, logika anak, berpikir, dan memecahkan masalah.

3. Stacking toys

Mainan cincin bersusun dengan warna menarik, dan cocok untuk melatih gerakan motorik serta koordinasi antara tangan dan juga mata.

4. Mainan bertema binatang

Miniatur binatang-binatang tersebut akan membantu anak mengenali apa saja fauna yang ada, dan mengembangkan imajinasinya dalam bercerita dengan platform tersebut.

5. Mainan bertema huruf, angka, warna, dan bangun

Karena mainan-mainan semacam ini akan membantu anak dalam belajar secara menyenangkan, membuat mereka siap menempuh pendidikan.

Masih banyak lagi mainan anak yang bisa Anda pilih, seperti mobil-mobilan, LEGO untuk mengembangkan kreativitas dan kemampuan spesial anak, rumah boneka, mainan bola, dan lain sebagainya. Hal yang terpenting selama bermain tersebut adalah Anda tetap mendampingi mereka, dan menjadi partner bermain yang baik dan bisa menjelaskan apa saja aspek-aspek yang mungkin masih belum dimengerti anak.