Ketika akan melakukan sesuatu tentu saja Anda perlu untuk memperhatikan keuntungan dan kekurangan yang dipunyai. Hal tersebut akan membuat Anda akan bisa untuk mengetahui apakah hal tersebut akan bisa menguntungkan dan mempunyai manfaat yang bisa diberikan. Hal ini juga perlu diperhatikan ketika Anda akan melakukan rapid test. Layanan rapid test merupakan pemeriksaan yang dilakukan untuk mendapatkan hasil apakah Anda terpapar virus corona atau tidak. Dimana untuk jenis layanan ini merupakan pemeriksaan dasar yang dilakukan sebelum akan ke pemeriksaan selanjutnya. Setelah dinyatakan positif maka nantinya akan ada beberapa langkah pemeriksaan lainnya yang dilakukan. Sehingga jenis ini merupakan layanan dasar yang bisa digunakan untuk mengecek apakah terkena virus corona.

Akan tetapi, jenis layanan ini juga dikenal mempunyai kekurangan yang dipunyai. Di banyak negara sendiri sudah banyak jenis pemeriksaan lainnya yang digunakan. Sehingga hal tersebut akan bisa untuk membuat pemeriksaan dan penyebaran virus corona dapat lebih mudah dan cepat teratasi. Akan tetapi di Indonesia sendiri, rapid test merupakan pilihan yang banyak digunakan. Ketika Anda mengalami gejala virus corona seperti batuk, demam tinggi, dan juga mempunyai sakit pernafasan juga akan membutuhkan untuk melakukan pemeriksaan ini terlebih dahulu. Ketika hasil yang didapatkan positif baru nantinya akan bisa ke pemeriksaan yang lebih lanjut. Layanan pemeriksaan rapid test ini mempunyai kekurangan yang dipunyai sebagai pemeriksaan dasar. Adapun untuk kekurangan yang dipunyai adalah:

  • Bekum bisa dibilang akurat

Kekurangan pertama adalah hasilnya yang belum bisa dikatakan akurat. Layanan ini akan memberikan layanan yang mendapatkan hasilnya dengan cepat. Dimana untuk pemeriksaan dilakukan dan akan bisa menunjukkan hasil 15 menit setelahnya. Rapid test memang mempunyai kecepatan dibandingkan pemeriksaan lainnya untuk mendapatkan hasil yang dipunyai. Akan tetapi kekurangan yang dipunyai adalah hasil tersebut tidak akurat dan tidak efektif. Hasil tersebut akan menunjukkan mengenai antibodi di dalam tubuh yang melawan virus corona. Setelah mendapatkan hasil tersebut juga Anda tidak mengetahui apakah hasil reaktif yang didapatkan karena pernah terpapar virus corona atau masih ada virus di dalam tubuh.

  • Hanya mendeteksi antibodi

Kekurangan selanjutnya adalah layanan ini hanya untuk mendeteksi antibodi. Rapid test bukan merupakan layanan pemeriksaan yang mendeteksi apakah masih ada virus di dalam tubuh. Sehingga hal tersebut akan segera untuk melakukan tindakan baik itu isolasi mandiri ataupun perawatan di rumah sakit. Rapid test akan menunjukkan hasil apakah tubuh Anda mempunyai antibodi lgG dan lgM yang akan melawan virus corona. Sehingga ketika hasilnya reaktif maka akan menandakan bahwa Anda pernah terpapar virus corona.

  • Harus melakukan test lanjutan

Kekurangan selanjutnya adalah harus melakukan tes lanjutan. Setelah melakukan tes yang pertama, maka Anda perlu untuk melakukan test lanjutan. Hal tersebut karena pembentukan antibodi yang biasanya lama yaitu hingga 2 minggu. Sehingga ketika di minggu pertama sudah terpapar virus corona akan tetapi belum ada antibodi yang terbentuk. Sehingga hal tersebut akan membuat hasil yang dipunyai masih negatif. Oleh karena itulah untuk memastikannya adalah dengan melakukan tes lanjutan.

  • Penanggulangan virus corona yang tidak efektif

Kekurangan terakhir dari layanan rapid test adalah menjadi cara penanggulangan virus corona yang tidak efektif. Test ini merupakan test dasar yang tidak akurat untuk mendeteksi seseorang terkena corona atau tidak. Sehingga hal tersebut juga akan menunggu waktu lama untuk memutuskan tindakan. Karena fungsinya yang hanya mempunyai manfaat untuk mendeteksi antibodi yang sudah terbentuk.