Sehubungan dengan sepatu fashion pria, bisa dikatakan hal itu merupakan benda yang paling penting dalam menyatakan gaya. Yang lebih penting sepatu berfungsiuntuk melindungi kesehatan, terutama kaki. Setiap hari, kaki menerima beban dan tekanan dari berat badan keseluruhan.

Ada yang mengatakan bahwa pria dapat dinilai dari sepatu yang dipakainya. Hal itu menjelaskan apakah pria si pemakai sepatu perhatian terhadap hal-hal kecil atau tidak. Contohnya, ada seorang pria yang memakai setelan mahal, yang dipadukan dengan sepatu murah, atau pria yang membiarkan sepatu bermerk nya selalu kotor, akan bisa menunjukkan seperti apa sifat pria itu.

Ada banyak sekali jenis sepatu fashion pria di pasaran. Beraneka ragam model dengan merk-merk terkenal baik asli maupun tiruan menawarkan produknya. Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan tentang sepatu yang dapat membantu meningkatkan penampilan Anda:

• Pemilihan bentuk sepatu
Pilih Sepatu dengan bentuk yang ramping dengan ujung membulat. Ini akan membuat Anda terlihat lebih rapi, berkelas, dan maskulin. Hindari bentuk persegi yang membuat kaki Anda kelihatan melebar.

• Sepatu wajib yang harus dimiliki
Semua pria harus memiliki sepatu Black lace Up, yaitu sepatu hitam bertali dengan bentuk sederhana yang dapat dipakai dalam suasana apa saja. Anda dapat memakai sepatu ini dengan gaya kasual maupun formal tanpa terlihat aneh. Dapat juga dipakai untuk ke kantor.

• Perawatan Sepatu
Untuk menjaga sepatu anda agar tetap bagus, perlu diperhatikan cara perawatannya. Lengkapi alat-alat untuk merawat sepatu anda berikut ini:

 Semir sepatu warna hitam dan warna netral.
 Lap sepatu untuk wax. Bisa berupa kaos bekas atau handuk atau denganchamois yang lebih halus.
 Sikat yang lembut atau sponge instan untuk mengkilapkan sepatu.

• Sepatu Bot
Sepatu bot dapat memberikan perlindungan ekstra dan kesan macho bagi pemakainya. Bisa dipakai sebagai sepatu pengganti saat musim hujan. Jika dapat menggabungkan dengan setelan yang tepat, Anda bisa terlihat bergaya saat memakai sepatu bot ini.

• Sepatu tanpa tali
Sepatu loafer adalah sepatu tanpa tali yang awalnya memiliki reputasi yang buruk karena desain yang kaku. Seiring perkembangan, sepatu ini dimodifikasi dengan desain yang lebih modern danluwes. Sepatu ini cocok digunakan untuk suasana formal dan kasual.

• Kaos kaki
Ada 2 pilihan warna yang dapat digunakan, yaitu konservatif dan penuh warna. Disebut konservatif bila anda memadukan warna kaos kaki anda dengan warna celana yang Anda pakai, sedangkan penuh warna apabila memakai kaos kaki bergaris dengan warna yang kontras dengan celana dan sepatu, tetapi senada dengan warna baju.

Rasanya memang terasa rumit untuk menentukan sepatu fashion pria, karena sebagian besar pria tidak mengikuti tren mode sepatu seperti yang dilakukan kaum wanita. Bahkan ada beberapa pria yang hanya memiliki 2 warna kaos kaki mereka, yaitu hitam dan putih dan memakainya tanpa harus menyesuaikan warna sepatu atau pakaian mereka.