Seperti semua yang ada di dunia ini, sepatu bola juga mengalami perubahan besar dari waktu ke waktu. Menurut catatan, sepatu bot semacam itu pertama kali diperkenalkan pada tahun 1526 oleh Raja Henry VIII. Cornelius Johnson, pembuat sepatu pribadi raja, membuatkan sepasang sepatu bola untuknya dan harganya 4 shilling ( Salah satu keping mata uang kerajaan inggris jaman dulu ).

Sepatu bola kerajaan terbuat dari kulit yang kuat dan berkualitas tinggi. Sepatu bola setinggi pergelangan kaki lebih berat dari sepatu normal saat itu. Sekarang mari kita lihat evolusi sepatu bola dari waktu ke waktu :

~ Periode Sebelumnya

Sekarang kita akan melangkah maju 300 tahun untuk mengetahui seperti apa sepatu bola itu di abad ke-18. Permainan mulai mendapatkan popularitas luar biasa di seluruh Inggris. Namun, permainan itu tidak muncul sebagai profesi yang serius dan dianggap sebagai rekreasi.

Pemain biasanya memakai sepatu bola berbahan kulit dan keras. Sepatu bola itu memiliki tali panjang dan penutup kaki dari baja. Mereka juga memiliki paku logam karena desain seperti itu membantu meningkatkan stabilitas dan cengkeraman tanah.

Menyusul pengenalan aturan dan regulasi di akhir abad ke-18, sepatu gaya slipper diperkenalkan untuk para pemain. Kancing diperbolehkan tetapi bentuknya bulat. Kancing kulit juga disebut cleat dan digunakan untuk dipalu ke sepatu bola sebelumnya. Sepatu bola itu memiliki berat 500 gram. Sepatu bola itu sampai ke mata kaki untuk meningkatkan perlindungan bagi para pesepakbola. Mereka memiliki enam kancing di solnya.

~ Evolusi antara 1940 sampai 1960

Kami sekarang akan mencoba memahami revolusi dalam desain sepatu bola selama era tersebut. Desainnya mengalami perubahan luar biasa setelah Perang Dunia II karena perjalanan udara yang murah dan lebih banyak pertandingan internasional. Para pemain Amerika Selatan mulai menggunakan sepatu bola fleksibel yang semakin populer di antara yang lain.

Perusahaan pembuat sepatu bola mengalihkan perhatian mereka ke produksi sepatu bola yang lebih ringan karena mereka membantu para pemain meningkatkan keterampilan mereka dalam mengontrol dan menendang bola. Sepatu bola ini lebih dari sekedar alas kaki pelindung .

~ Variasi di tahun 1970-an

Perkembangan teknologi selama enam puluhan membuat perubahan signifikan dalam desain sepatu yang melihat pengenalan potongan yang lebih rendah dalam sejarah sepakbola. Desain ini membantu para pemain untuk mengambil kecepatan tinggi.

Raja sepak bola Pele mulai mengenakan sepatu bola Puma yang terkenal pada tahun 1962. Namun, Adidas menjadi pemimpin dalam industri pembuatan aksesori sepak bola. Mayoritas pemain mengenakan sepatu bola Adidas selama Piala Dunia FIFA 1966.

~ Perubahan di tahun 1990-an

Adidas tampil dengan desain revolusioner selama periode ini dengan memperkenalkan Predator yang memadukan teknologi dan gaya dengan baik. Desainnya langsung mendapatkan kesuksesan di seluruh dunia. Teknologi ekstrusi polimer menambah lebih banyak fleksibilitas ke sol sedangkan struktur berbilah yang menutupi seluruh sol diganti secara konvensional. Perubahan itu memastikan lebih banyak stabilitas di sepatu bola.

~ Tampilan Lanjut di tahun 2000-an

Dengan perkembangan berkelanjutan dalam teknologi, produsen sepatu bola mulai menunda desain yang lebih canggih. Ini menyebabkan persaingan sengit antara tiga merek besar yaitu Nike, Puma dan Adidas. Sepatu bola modern dirancang untuk memberikan perlindungan yang lebih baik kepada para pesepak bola sambil membantu mereka bisa merasa nyaman selama pertandingan. Supaya tidak kelewatan pembaca juga bisa melihat artikel sebelumnya disini.