Halo para pembaca!. Bagaimana kabarnya?. Semoga tetap dalam keadaan sehat dan baik ya ditengah kondisi Indonesia yang saat ini tengah dilanda bencana covid 19. Oke, hari ini saya ingin update mengenai layanan homecare fisioterapi nih.

Jadi kebetulan saya pernah menggunakan layanan ini untuk ayah saya. Kebetulan usia beliau saat ini sudah terbilang lanjut usia dan memiliki masalah ortopedi. Oleh karenanya, saya biasa mengantarkan beliau ke rumah sakit dekat rumah untuk melakukan terapi rutin 2 minggu sekali. Meskipun saya tinggal di Jakarta, namun lokasi rumah sakitnya ada di Depok guys, tepatnya bernama RS. Bhayangkara Brimob.

Nah, semenjak covid 19 melanda, rumah sakit tersebut akhirnya dijadikan sebagai rumah sakit rujukan pasien yang terpapar penyakit corona sehingga tidak lagi menerima layanan fisioterapi, termasuk rumah sakit yang ada di wilayah Jakarta juga. Hal ini menjadi dilema buat saya mengingat kondisi orang tua yang mesti rutin melakukan homecare terapi. Jika sebelumnya saya selalu rutin mengantarkan orang tua saya setiap Selasa pagi ke rumah sakit, kini hal itu tidak dapat lagi dilakukan.

Memang semenjak difungsikan menjadi rumah sakit rujukan, terdapat pengumuman di pintu masuk bahwa untuk sementara waktu RS Bhayangkara Brimob hanya mengutamakan pasien covid 19. Sementara untuk pasien dengan penyakit biasa dan yang rutin melakukan fisioterapi, disarankan untuk mencari rumah sakit lain sebagai alternatif.

Semenjak merebaknya virus corona di Indonesia membuat saya menjadi khawatir jika memang harus berganti rumah sakit, kecuali dalam keadaan yang benar-benar mendesak dan urgensi. Mencari rumah sakit lain pun urung saya lakukan karena kekhawatiran saya itu.

Sempat merasa bingung, hingga akhirnya saya memutuskan untuk melakukan pencarian layanan fisioterapi yang bisa datang ke rumah. Pencarian saya pun berakhir di website aido health yang bisa Anda akses melalui url https://aido.id/. Akhirnya saya pun mencoba untuk menggunakan layananya dan kini masalah saya pun sudah terpecahkan berkat layanan homecare yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.

Sebagai informasi tambahan, fisioterapi pada dasarnya merupakan salah satu alternatif pengobatan yang banyak dipilih oleh masyarakat yang bermasalah dengan bagian tubuh tertentu, seperti diantaranya adalah sulit bergerak ataupun sejenisnya.

Bahkan untuk beberapa kategori penyakit berat layaknya stroke, maka salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas hidup bagi penderitanya seperti sedia kala adalah dengan menjalani program fisioterapi ini. Jika berbicara mengenai layanan fisioterapi ini banyak sekali.

Umumnya sebelum melakukan tindakan pengobatan semacam ini maka Anda harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, setelah itu baru menjalani fisioterapi dengan terapis terbaik yang memang dianjurkan.

Bahkan sekarang ini program terapi tak hanya bisa dilakukan di rumah sakit, melainkan Anda juga bisa melakukannya secara mudah di rumah dengan memanggil layanan atau jasa terapis tersebut. Sehingga akan jauh lebih praktis tentunya, karena tidak perlu datang ke rumah sakit.

Karena memang ada beberapa jenis fisioterapi yang memang tidak perlu memakai alat-alat canggih tertentu, sehingga cukup jasa seorang terapis saja sudah cukup untuk membantu di dalam mengoptimalkan hasilnya.

Berikut ini diantaranya ada beberapa jenis fisioterapi di Jakarta dan kota-kota besar lain yang memiliki layanan lengkap, mungkin akan berbeda pelayanannya untuk mereka yang berdomisili di daerah. Kira-kira apa saja layanannya?

1. Terapi manual, ini adalah cara yang paling umum dilakukan, dimana seorang terapis nantinya akan mulai melakukan fisioterapi mengandalkan tangan mereka, biasanya adalah dengan upaya pijatan-pijatan bagian yang bermasalah tersebut, sehingga nantinya akan kembali seperti sedia kala.

2. Stimulasi saraf transkutan listrik, terapi yang satu ini umumnya dilakukan dengan bantuan alat kecil yang dapat digerakkan memakai baterai guna mengirimkan arus tingkat rendah, nantinya akan ditaruh pada bagian permukaan kulit yang mengalami masalah. Sarana yang satu ini sangat berguna di dalam meredakan rasa sakit pada bagian-bagian tertentu.

3. Terapi magnetik, alat yang digunakan disini adalah perangkat elektromagnetik dari berbagai macam ukuran dan juga jenis. Sama halnya dengan stimulasi saraf transkutan, sebenarnya cara yang satu ini dilakukan untuk mengurangi rasa sakit pada bagian yang bermasalah tersebut.

4. Taping, alat yang satu ini bentuknya berupa plaster yang elastis, dipakai untuk menyembuhkan bagian tubuh yang mengalami cidera. Dimana nantinya ia akan berfungsi untuk menyangga dan juga menstabilkan bagian otot dan juga sendi tanpa harus membatasi geraknya.

5. Diathermy, terapi ini mengandalkan panas yang dialirkan melalui arus elektromagnetik yang memiliki frekuensi tinggi, sehingga nantinya bisa menyembuhkan berbagai macam kondisi Anda.

6. Ultrasound dan juga phonoperesis, sarana yang satu ini bisa membantu dalam menurunkan terjadinya peradangan dengan cara mendorong panas ke area yang mengalami cidera tersebut, biasanya dipakai untuk menyembuhkan kejang otot, dapat meningkatkan metabolisme sampai dengan meningkatkan aliran darah pada jaringan yang mengalami kerusakan.

Setidaknya itulah beberapa jenis fisioterapi yang harus Anda ketahui, karena berbeda jenis penyakit atau masalah kesehatan yang dialami, maka jenis terapi yang dilakukan nantinya juga akan berbeda.

Agaknya kini Anda semakin dimudahkan jika seandainya ingin mengandalkan jasa dari seorang terapis, namun tidak perlu datang ke rumah sakit, mengingat nyatanya jasa tersebut bisa Anda panggil ke rumah dengan mengandalkan layanan fisioterapi datang ke rumah.