Sepatu adalah kelengkapan dalam berbusana. Bagi kaum pria, kelengkapan berbusana merupakan pertanda keseriusan dalam sesuatu. Tidak seperti wanita yang dapat mengenakan sandal cantik untuk acara-acara formal, pria selalu memakai sepatu baik untuk bekerja maupun mendatangi acara-acara formal.

Dress shoes atau yang biasa disebut dengan sepatu formal merupakan sepatu fashion pria yang wajib dimiliki seorang pria karier. Memakai dress shoes ke acara pesta atau kencan, dapat memperlihatkan kesuksesan seseorang.

Mengenakan setelan jas atau atasan batik untuk acara penting adalah cara berfashion yang lumrah untuk dilakukan. Koleksi kemeja, jas, batik di rumah pasti ada lebih dari satu. Namun beberapa orang masih bingung untuk memilih dress shoes berkualitas untuk melengkapi tampilan. Ada beberapa ciri khusus yang dimiliki sepatu formal berkualitas, yang di antaranya adalah:

• Terbuat dari kulit asli, dengan tapak atau sole yang juga kulit baik.

• Jangan pilih yang hanya di lem saja pada sole bawah atau tapak sepatu.

• Pilihlah jahitan pada seluruh bagian sepatu yang rapi dan hampir tidak terlihat.

• Dalam sepatu harus tetap berkualitas, seperti kulit anak sapi, bukan karet saja atau yang lainnya.

Untuk sepatu fashion pria, ada beberapa detail yang harus diperhatikan sebelum membeli, yaitu:

• Sepatu formal pria yang bertali itu lebih baik untuk di padukan dengan setelan jas, seperti jenis oxford. Sebenarnya terdapat 3 jenis untuk sepatu formal, oxford, boots, dan loafers.

• Agar terlihat lebih fashionable, pilihlah warna sepatu yang senada dengan baju. Dan agar lebih aman sebelum membeli, pilihlah warna-warna netral agar mudah di padukan dengan baju-baju atau setelan jas, seperti hitam, navy, charcoal, dan coklat.

• Jenis bahan sepatu glossy leather atau suede adalah pilihan yang paling pas untuk acara-acara formal penting.

• Agar nampak lebih stylish dan classy, pilih ujung sepatu yang berbentuk runcing atau elips.

• Bagian bawah sepatu atau sole sepatu seharusnya dari kulit juga yang di jahit rapi, bukannya di lem. Pengeleman akan membuat sepatu tidak awet, karena suatu saat akan terbuka bagian yang di lem.

• Adanya broguing atau hiasan lubang udara kecil-kecil yang tampak dekoratif juga akan menambahkan gaya elegan pada pemakainya, selain itu dapat mencegah sepatu bau karena aliran udara yang lancar.

Cobalah untuk mengecek detail-detail tersebut sebelum membeli. Sepatu yang bagus memang lumayan mahal harganya, tapi tingkat keawetannya sangat terjamin. Karena sepatu itu fungsinya melindungi kaki, bukan malah membuat kaki lecet-lecet. Sepatu fashion pria yang asli dan berkelas akan membuat kaki nyaman dan percaya diri karena ditunjang dengan tampilannya tentu saja.