Sistem pembuangan yang ada pada motor atau biasa dikenal sebagai knalpot motor berfungsi untuk menyalurkan gas-gas sisa pembakaran. Bukan hanya itu, fungsi knalpot diketahui juga sebagai sistem pendukung tampilan motor.

Bahkan ada beberapa motor yang justru terkesan lebih ciamik pada saat menggunakan knalpot yang bukan bawaan standarnya. Maka dari itu salah satu alat yang penting di sepeda motor ini juga harus mendapatkan perawatan secara khusus.

Terlebih lagi ketika pada musim hujan seperti saat ini. Knalpot yang mudah terlihat kotor sering menjadikan motor kesayangan Anda menjadi kurang enak dipandang mata.

Merawat knalpot menjadi hal yang penting dilakukan agar kualitas suara yang dihasilkan tetap stabil dan terjaga. Knalpot juga sangat dikenal sebagai piranti yang sangat rawan mengalami karat dan juga bocor.

Jika sudah terserang dua masalah tersebut, maka motor Anda sangat mungkin menghasilkan suara yang lebih berisik atau keras ketika mengikuti perputaran mesin.

Selain akan sangat membuat orang di sekitar Anda terganggu, motor dengan suara yang terlalu berisik juga sebenarnya termasuk menyalahi aturan. Bahkan saat ini sudah mulai ditindak oleh pihak kepolisian.

Knalpot orisinil

Knalpot standar 4 tak atau orisinil cenderung kering, dengan demikian akibat panas yang dihasilkan korosi atau karat seringkali terjadi. Akan lebih baik jika Anda memiliki knalpot motor dengan jenis ini. Selain itu sangat disarankan juga untuk tidak terlalu lama memanaskan kotor karena hal ini memicu munculnya warna kuning di beberapa bagian knalpot.

Berikanlah oli secukupnya pada bagian dalam lubang knalpot minimal satu kali dalam dua bulan. Jangan lupa juga untuk memeriksa kondisinya.

Jika memang sudah telanjur muncul karat di bagian knalpot, ambil kain bekas atau kawat kemudian bersihkan noda karat yang menempel tersebut. Anda dapat juga mengoleskan oli ke bagian leher knalpot kemudian panaskan mesin untuk membantu merontok kan karat tersebut.

Untuk mencegah karat kembali muncul akan lebih baik jika Anda menggunakan zaat anti karat. Jangan lupa sesegera mungkin mengeringkan knalpot pada saat terkena air maupun tersiram air hujan.

Knalpot racing

Terdapat perawatan khusus bagi knalpot motor type racing, baik itu yang berbahan chrome ataupun berbahan plat. Kemungkinan Anda selama ini tidak sadar bahwa semua produk after market itu lebih cepat berkarat atau menguning jika dibandingkan dengan produk yang orisinil.

Maka dari itu ketika pertama kali Anda membeli knalpot type racing ada baiknya jika dioleskan oli bekas terlebih dahulu agar lebih awet dan tahan lama. Oleskanlah oli tersebut di bagian leher knalpot kemudian lanjutkan dengan memasang kan knalpot. Selanjutnya panaskan mesin agar oli yang dioleskan tersebut dengan sendirinya menguap akibat panas.