Lampu merupakan salah satu bagian terpenting dalam kendaraan baik kendaraan besar hingga kendaraan kecil seperti motor. Hal tersebut dikarenakan lampu merupakan sumber cahaya yang dapat digunakan untuk menerangi jalan ketika terjadi pencahayaan atau penerangan yang minim bahkan tidak ada sama sekali.

Biasanya, pengguna sepeda motor akan menggunakan lampu halogen atau lampu standar sebagai sumber pencahayaannya, akan tetapi, seiring dengan perkembangan zaman, lampu HID motor saat ini tidak jarang digunakan karena memiliki tingkat sinar yang lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan lampu standar.

Jenis lampu HID cocok digunakan bagi pemilik kendaraan baik mobil ataupun motor yang mampu membeli dengan jumlah harga yang tinggi karena harga dari lampu ini terbilang lebih mahal dibandingkan dengan lampu halogen.

Akan tetapi, terdapatnya campuran gas xenon dan garam metal yang menyebabkan cahaya dari lampu menjadi lebih terang dibandingkan lampu yang lain, dapat membuat headlamp dan krom reflector menjadi lebih cepat buram.

Sebelum menggunakan lampu HID motor pada kendaraan Anda, Anda haru memilih terlebih dahulu tingkat kecerahan yang dihasilkan oleh lampu xenon. Tingkat kecerahan dari lampu HID berdasarkan pada tingkat derajat kelvin yang dapat dilihat dari warna cahaya yang dihasilkan oleh lampu xenon.

Tingkat kecerahan paling rendah adalah warna kuning dengan kekuatan 4.300K, disusul dengan putih kekuningan (5500K), putih (6500K), putih kebiruan (8.500K), biru agak ungu (10.000K), ungu (12.700K) dan tertinggi adalah pink dengan 15.000K.

Lampu HID mampu menghasilkan daya terang hingga 2.800-3.000 lumen dengan menggunakan daya listrik 35 watt dibandingkan dengan lampu halogen dengan daya terang hingga 700-2.100 namun menggunakan besar daya yang sama. Jangan menggunakan lampu HID sebagai aksesoris dan tetap mengutamakannya menjadi perangkat penerangan sehingga sebaiknya Anda memiliki kuning muda.

Selain meminimalisir tingkat kecerahan yang dapat mengganggu pengguna jalan dari arah yang berlawanan, warna kuning muda merupakan warna yang dapat menembus kabut dan hujan sehingga akan mengurangi resiko terjadinya kecelakaan.

Karena penggunaan dari lampu HID motor yang cukup terang jika dibandingkan dengan halogen, maka akan membuat head lamp menjadi lebih cepat kusam. Agar tidak terjadi masalah nantinya, maka Anda harus mengganti head lamp dengan teratur atau saat head lamp Anda sudah terlihat kusam.

Selain dengan melakukan penggantian pada head lamp, Anda juga dapat melakukan pengaturan ulang mengenai posisi dari lampu yang Anda pasangkan pada kendaraan Anda. Jika Anda memposisikannya terlalu tinggi, maka akan membuat pengendara lain dari arah yang berlawanan dari Anda menjadi terganggu karena silaunya lampu HID yang terpasang pada kendaraan yang Anda gunakan.

Selain itu, jika Anda ingin mengganti lampu ke HID, Anda juga harus menggunakan reflector dan mika yang sesuai dengan lampu tersebut.